Harga Rumah di China Alami Penurunan, Harga Rumah Bekas di Shanghai Tetap Naik

Harga rumah di seluruh China menunjukkan tren penurunan pada bulan September, termasuk rumah baru di kota-kota tingkat pertama telah berubah dari naik menjadi turun.

NUSADAILY.COM-BEIJING- Harga rumah di seluruh China menunjukkan tren penurunan pada bulan September, termasuk rumah baru di kota-kota tingkat pertama telah berubah dari naik menjadi turun.

Melansir new.qq.com, data terakhir yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik pada 24 Oktober menunujukkan bahwa pada September, sejumlah kota yang mengalami penurunan harga terus bertambah. Di antara penurunan tersebut, harga rumah baru di Chengdu dan Hefei serta rumah bekas di Shanghai masih memimpin kenaikan harga.

BACA JUGA: Duh! Patung Lilin Raja Charles III di Madame Tussauds Dilempari...

Diperkirakan tren penurunan pasar pada bulan September akan meningkat secara bertahap pada bulan Oktober. Dengan akumulasi bertahap dari efek kebijakan, pasar perumahan baru diperkirakan akan pulih secara bertahap pada kuartal keempat.

Harga rumah baru di kota tingkat pertama mengalami penurunan  

Menurut data Biro Statistik Nasional, pada bulan September, sejumlah kota di China mengalami penurunan harga rumah baru dan bekas dari bulan ke bulan. Untuk kota tingkat pertama presentase penurunannya adalah 0,1%, tetapi harga rumah bekas tetap tidak berubah. Sedangkan di kota tingkat kedua presentase penurunannya adalah 0,2% untuk rumah baru dan 0,3% untuk rumah bekas. Dan untuk kota tingkat ketiga presentase penurunannya adalah 0,4% untuk rumah baru dan 0,5% untuk rumah bekas.

Harga rumah bekas Shanghai terus memimpin kenaikan

Dilihat dari kenaikan harga rumah baru dari bulan ke bulan, Hefei dan Chengdu keduanya naik 0,7%, peringkat pertama; Hangzhou dan Dali keduanya naik 0,4%, peringkat kedua; Nanchang, Jinan dan Chongqing keduanya naik 0,3%, peringkat ketiga.

Dilihat dari kenaikan harga rumah bekas dari bulan ke bulan, Shanghai naik 0,5%, peringkat pertama; Beijing naik 0,4%, peringkat kedua; Chengdu dan Kunming keduanya naik 0,3%, peringkat ketiga.]

BACA JUGA: Penobatan Raja Charles III Dilakukan Pada 6 Mei 2023 di London

Yan Yuejin, direktur riset dari Think Tank Center dari E-House Research Institute, menunjukkan bahwa kota-kota dengan kenaikan harga perumahan yang relatif kuat umumnya adalah kota-kota dengan fundamental ekonomi yang baik. (mdr2)