Harga Minyak Goreng Curah di Magetan Hari Ini Naik, Rp16.500/Kg

Bila sebelumnya Rp14 ribu kini naik diangka Rp16.500 per kilogramnya. Selisih Rp500 dari minyak goreng kemasan Minyakita diharga Rp17000 per liternya.

Harga Minyak Goreng Curah di Magetan Hari Ini Naik, Rp16.500/Kg
Foto : Aktifitas jual beli minyak goreng curah di Magetan. Sabtu (21/01/2023).

NUSADAILY.COM - MAGETAN - Dua hari ini harga minyak goreng curah alami kenaikan di Kabupaten Magetan. Bila sebelumnya Rp14 ribu kini naik diangka Rp16.500 per kilogramnya. Selisih Rp500 dari minyak goreng kemasan Minyakita diharga Rp17000 per liternya. Sabtu (21/01/2023).

Tulus Djunaidi, pedagang minyak goreng setempat membenarkan jika kenaikan terjadi sejak dua hari ini. Dari harga Rp14 ribu ke Rp16.500 perkilogramnya. Penyebabnya pasokan dari pabrikan mulai jarang. Biasanya dalam sepekan dirinya bisa mendapat kiriman tiga sampai empat kali, kini tinggal sekali saja 

" Iya itu penyebabnya, pasokan berkurang. Jika seblumnya 3 sampai 4 kali dalam sepekan sekarang hanya sekali kiriman saya ya. Terpaksa untuk memenuhi permintaan kami harus mencari kesana kemari. Makanya harganya naik menyusul Minyakita kemasan," terang Tulus.

Jelas kami resah atas berkurangnya pasokan minyak goreng karena akan berimbas kepada masyarakat, lanjutnya, harga menjadi naik dan memberatkan konsumen. 

Selain itu, riwayat minyak goreng mahal dahulu seperti ini. Pasokan minyak goreng mulai berkurang sedikit demi sedikit dan akhirnya langka di pasaran. Kekhawatiran datang juga dari Agus Supriyanto salah satu pembeli. Pasalnya harga minyak goreng mahal akan kembali terulang. 

" Kami pedagang kecil tentu akan kembali terdampak dan kesulitan bahan baku. Kami tidak sangup bila harus mengantri berjam jam agar mendapat minyak goreng seperti dulu. Sebelum benar benar terjadi kami minta kepada pemerintah untuk segera turun tangan," pinta Agus.

Kenaikan harga minyak goreng diperparah oleh kenaiakan kebutuhan pokok yang lain, seperti beras, bawang merah cabai dan sayur sayuran. Kenaikan beras mulai dari Rp2 ribu hingga Rp3 ribu per kilogramnya.

Seperti diwartakan, harga beras medium dari awalnya Rp9.500 naik menjadi Rp11 ribu per kilogramnya. Beras kwalitas premium dari awalnya Rp10.500 naik menjadi Rp14.500. (*/nto).