Gus Ipul Harapkan RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan Jadi Bagian Wujudkan Kota Madinah

Gus Ipul menginginkan ada petanda ketika masa kepemimpinannya, rumah sakit lebih maju dari sebelumnya.

Gus Ipul Harapkan RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan Jadi Bagian Wujudkan Kota Madinah
Gus Ipul berkunjung ke rumah sakit dr R Soedarsono Kota Pasuruan. (istimewa)

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berkunjung ke rumah sakit dr R Soedarsono Kota Pasuruan. Gus Ipul mengharapkan seluruh jajaran rumah sakit dapat berperan aktif dalam mewujudkan Kota Pasuruan menjadi Kota Madinah.

Dalam sambutan Gus Ipul menyampaikan Maju ekonominya banyak dilakukan dengan memperbanyak kegiatan event.

“Kegiatan yang dilakukan pemerintah, swasta, BUMD  atau pihak lain bisa berkotribusi untuk Kota Pasuruan memajukan ekonomi dengan membuat kegiatan event sehingga akan ada perputaran ekonomi,” ujarnya.

Gus Ipul mencontohkan event yang memajukan ekonomi seperti kegiatan KOSTI di Kota Pasuruan, rumah sakit mengadakan wayangan, atau rumah sakit mengadakan sholawatan.

BACA JUGA: Inovasi Layanan, Pemkot Pasuruan Launching LENTERA MAKAM dan PETI KEMAS

“Sepertinya memang tidak berhubungan tetapi bisa dibuat untuk memajukan ekonomi, banyak cara yang dilakukan rumah sakit dalam rangka memajukan ekonomi dengan berpikir inovasi,” imbuhnya.

Gus Ipul menginginkan ada petanda ketika masa kepemimpinannya, rumah sakit lebih maju dari sebelumnya.

Kemudian Gus Ipul juga menyampaikan indah kotanya, apa yang harus dilakukan supaya indah kotanya adalah face off atau operasi wajah karena anggarannya tidak cukup.

“Ketika uangnya kecil ambil skala prioritas mana yang dipilih buat rumah sakit yang indah dengan anggaran yang ada kemudian masyarakat bisa membedakan ada sesuatu yang berbeda, ada sesuatu yang baru yang membuat Kota Pasuruan itu indah maka yang dilakukan adalah face off pada titik tertentu,” katanya.

Gus Ipul juga menyinggung terkait dengan toilet rumah sakit agar dibersihkan, pegawai rumah sakit harus mempunyai kepedulian kepada kebersihan sekitarnya, tamannya juga dirawat dan sarana prasarananya diperhatikan sebagai bentuk tanggung jawab.

“Buat rumah sakit ini indah dengan biaya yang terbatas, belajar dari rumah sakit didaerah lain, poles rumah sakit agar tampak indah karena indahnya rumah sakit ini adalah obat bagi pasien sehingga imunnya meningkat,” katanya

Gus Ipul juga mengingatkan tradisi untuk membuang sampah pada tempatnya membantu Kota Pasuruan ini mewujudkan indah kotanya sehingga rumah sakit ini bersih, rapi, asri, indah dan tidak ada lagi kotoran.

“Ada sampah jangan menunggu cleaning service, toilet kotor juga jangan menunggu cleaning service harus diingatkan kasih contoh petugas,” katanya.

Gus Ipul juga menyampaikan harmoni warganya iconnya adalah meningkatkan layanan.

“Saya minta semua perangkat daerah meningkatkan layanan khususnya rumah sakit, karena rumah sakit ini harus dipercaya layak tempat berobatnya warga Kota Pasuruan,” imbuhnya

Gus Ipul juga meminta rumah sakit berubah, rumah sakit harus bisa membuat sesuatu yang berbeda dalam waktu yang tidak terlalu lama.

BACA JUGA: Gus Ipul Berharap Pendataan Regsosek dapat Tampilkan Satu Data yang Akurat

“Dimulai dari fisiknya terlebih dahulu karena fisik ini akan mempengaruhi pekerja di rumah sakit ini,” katanya.

Gus Ipul juga mengajak untuk mengubah penampilan rumah sakit ini dengan membuat suatu kegiatan jadi bersih di semua sisi.

“Maka itu kita mulai membuat rumah sakit ini jadi bersih dari toiletnya dulu, tidak kumuh, tidak perlu mahal yang ada dibersihkan, buat toilet rumah sakit berubah dan berbeda kemudian dapurnya setelah itu tempat cuciannya, ruangan pasien, dan taman,” ajaknya.

Gus Ipul juga menambahkan pendapatan asli daerah (PAD) terkait dengan parkir rumah sakit meningkat dari tahun sebelumnya.

Dari kunjungan ke rumah sakit Gus Ipul menyimpulkan bahwa perlu adanya audit secara menyeluruh tentang segala hal peningkatan pelayanan dirumah sakit, harus adanya pakaian seragam untuk SDM rumah sakit, ada apel rutin setiap minggunya untuk evaluasi kinerja pegawai dan kerja bhakti.

Setelah memberikan pengarahan ke pegawai rumah sakit, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si (Mas Adi), Seketaris Daerah Kota Pasuruan  dan perangkat daerah terkait melakukan sidak ke toilet, dapur, ruang pasien, apotek rumah sakit dan juga menanyakan secara langsung terkait dengan pelayanan rumah sakit ke pasien.(oni/lna)