Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Mulai Meletus, Amerika Serikat Tingkatkan Peringatan

Gunung berapi aktif terbesar di dunia yang berada di Hawaii, Mauna Loa mengalami erupsi untuk pertama kalinya dalam kurun 40 tahun.

Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Mulai Meletus, Amerika Serikat Tingkatkan Peringatan
gunung berapi aktif terbesar di dunia mulai meletus, (sumber: chinanews.com)

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Gunung berapi aktif terbesar di dunia yang berada di Hawaii, Mauna Loa mengalami erupsi untuk pertama kalinya dalam kurun 40 tahun.

Melansir chinanews.com, aliran lahar sebagian besar masih terkandung di dalam puncak gunung, akan tetapi warga telah bersiaga. Sebelumnya warga di sekitar gunung juga sudah diperingatkan adanya potensi hujan abu.

Status gunung berapi ini juga telah ditingkatkan dari “ siaga” menjadi “ awas”, yaitu level tertinggi.

BACA JUGA : 7 Gunung Teringgi di Indonesia Dengan Pesona Yang Indah

Belum ada perintah evakuasi, dan penduduk yang tinggal di sekitar gunung kemungkinan tidak terkena dampak pada tahap ini, kata pejabat setempat.

Menurut laporan, departemen mengatakan dalam pemberitahuan, "Saat ini, aliran lahar tertahan di area puncak gunung dan tidak akan mengancam masyarakat di bawah gunung untuk saat ini."

Namun, pemberitahuan tersebut juga memperingatkan bahwa fase letusan awal gunung berapi tersebut mungkin sangat aktif dan lintasan aliran lahar dapat berubah dengan cepat.

BACA JUGA : Hujan Deras di Jember, 192 Rumah Terendam Banjir

Selain itu, Hawaii Volcano Observatory (HVO) akan melakukan pengintaian udara sesegera mungkin untuk menilai risiko dan pembekalan yang lebih baik.

Menurut Survei Geologi AS, telah terjadi lebih dari selusin gempa berkekuatan 2,5 atau lebih besar di daerah tersebut dalam dua jam terakhir, termasuk gempa berkekuatan 4,2.

Mauna Loa adalah gunung berapi aktif terbesar di dunia. Ada gunung berapi lain yang lebih besar, tapi statusnya sudah tidak aktif lagi.

Mauna Loa berada dalam satu Pulau Besar bersama dengan Mauna Kea gunung tertinggi di dunia, jika diukur dari dasarnya yaitu hampir 20.000 kaki di bawah permukaan laut.(mdr3/lal)