Grace Tahir Diduga Terima Uang Miliaran Rupiah dari Rafael Alun

Pemberian uang dari Rafael itu dilakukan dalam sebuah transaksi. Sumber ini menyebut transaksi yang melibatkan Rafael dan Grace seolah-olah dibuat legal meski ada tindakan manipulasi yang dilakukan.

May 12, 2023 - 23:05
Grace Tahir Diduga Terima Uang Miliaran Rupiah dari Rafael Alun
Foto : Grace Tahir

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Grace Dewi Riady atau Grace Tahir telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi di kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka Rafael Alun Trisambodo. Grace diduga menerima uang miliaran rupiah dari Rafael.

Pemberian uang dari Rafael itu dilakukan dalam sebuah transaksi. Sumber ini menyebut transaksi yang melibatkan Rafael dan Grace seolah-olah dibuat legal meski ada tindakan manipulasi yang dilakukan.

Lewat transaksi tersebut, Grace diduga mendapatkan aliran uang miliaran rupiah dari Rafael Alun.

BACA JUGA : Asal Usul Harta Rafael Alun Trisambodo Diperiksa KPK

"Diduga miliaran (uang yang diterima Grace), Jumat (12/5/2023).

Rafael Beli Aset Pakai Uang Gratifikasi

Grace Tahir telah diperiksa pada Kamis (11/5). Selain Grace, KPK juga turut memeriksa dua orang swasta bernama Albertus Katu dan Timothy William.

"Ketiga saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait adanya dugaan penggunaan uang RAT yang berasal dari berbagai pihak," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (12/5).

KPK sendiri kini telah menetapkan Rafael Alun sebagai tersangka TPPU. Mantan pejabat Ditjen Pajak ini sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi.

Ali mengatakan dari penyidikan sejauh ini KPK menemukan indikasi Rafael menggunakan uang gratifikasi untuk pembelian aset.

"RAT diduga gunakan uang gratifikasi untuk beli aset," katanya, dilansir dari detik.com

TPPU Rafael Alun Senilai Puluhan Miliar

KPK juga menetapkan mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). KPK mengatakan sementara nilai TPPU yang diduga dilakukan Rafael Alun mencapai puluhan miliar rupiah.

"Ini terus bertambah karena memang kita sedang mendalami. Sementara ini masih di puluhan miliar," kata Plt Deputi Penindakan KPK Asep Guntur di Gedung Merah Putih KPK, Jaksel, Kamis (11/5).

Asep menyebutkan nilai itu akan terus bertambah seiring dengan pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan KPK. Hari ini, menurut Asep, Grace Dewi Riady atau sering disebut Grace Tahir (GT) dan tiga orang lainnya diperiksa terkait TPPU yang diduga dilakukan Rafael.

"Nanti akan terus bertambah karena kita harus ngecek, harus ngecek yang kita temukan, misal dari Mbak GT, Mbak GT tuh kita cek apakah itu hasil dari tindak pidana korupsi atau bukan, kalau bukan ya nggak kita ini juga, tapi kalau itu hasil tindak pidana korupsi ya tentunya harus kita sita terkait dengan TPPU," kata Asep. (ros)