Gol Indah Lamine Yamal Pecahkan Rekor 66 Tahun Pele

Yamal memecahkan rekor yang sudah bertahan 66 tahun. Pemain 16 tahun itu menjadi pemain termuda dalam sejarah sepak bola yang bermain di semifinal Piala Dunia atau Euro.

Jul 10, 2024 - 05:35
Gol Indah Lamine Yamal Pecahkan Rekor 66 Tahun Pele

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Lamine Yamal memecahkan rekor Pele yang sudah bertahan sepanjang 66 tahun setelah menjadi starter saat Spanyol vs Prancis pada semifinal Euro 2024 di Allianz Arena, Munich, Rabu (10/7) dini hari WIB.

Pelatih Spanyol Luis de La Fuente kembali mengandalkan Yamal sebagai starter. Pemain muda Barcelona itu bermain di sayap kanan, bahu membahu dengan Jesus Navas yang bermain sebagai bek kanan.

Dikutip dari Opta, Yamal memecahkan rekor yang sudah bertahan 66 tahun. Pemain 16 tahun itu menjadi pemain termuda dalam sejarah sepak bola yang bermain di semifinal Piala Dunia atau Euro.

Yamal (16 tahun dan 362 hari) memecahkan rekor Pele yang bermain di semifinal Piala Dunia 1958 saat masih 17 tahun dan 244 hari. Ketika itu Brasil juga melawan timnas Prancis.

Lamine Yamal tampil luar biasa hingga akhir babak pertama. Pemain Barcelona itu menjadi kunci kebangkitan timnas Spanyol yang sempat tertinggal 0-1 dari Prancis lewat gol Randal Kolo Muani pada menit kesembilan.

Yamal mencetak gol spektakuler pada menit ke-21. Pemain berdarah Maroko itu mencetak gol lewat tendangan cantik dari luar kotak penalti. Kiper Prancis Mike Maignan gagal mengantisipasi bola tendangan Yamal yang bersarang di pojok kanan atas gawang.

Hingga berita ini diturunkan, Spanyol masih memimpin 2-1 atas Prancis. La Furia Roja berbalik unggul setelah Jules Kounde melakukan gol bunuh diri pada menit ke-25 setelah salah mengantisipasi tendangan Dani Olmo. Tidak lama kemudian UEFA mengubah keputusan dan memberikan gol tersebut menjadi milik Dani Olmo.

Selain itu di kubu timnas Spanyol, Jesus Navas (38 tahun dan 231 hari) juga memecahkan rekor. Winger 38 tahun itu menjadi pemain outfield tertua yang bermain di semifinal Piala Dunia dan Euro, melewati rekor Fritz Walter (37 tahun 236 hari) dan Gunnar Gren (37 tahun 236 hari).(han)