Gedung Papua Youth Creative Hub di Jayapura Segera Diresmikan Presiden Jokowi

PYCH bakal diserahterimakan dari Kementerian PUPR ke BIN.

Gedung Papua Youth Creative Hub di Jayapura Segera Diresmikan Presiden Jokowi
Foto: dok. Kementerian PUPR

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi Badan Intelijen Negara (BIN) Made Kartikajaya meninjau pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Senin (19/12/2022). Adapun PYCH saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 99 persen dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Di gedung inilah nanti PMI (Papua Muda Inspiratif) menjalankan berbagai program untuk ikut menyejahterakan masyarakat Papua. Mereka akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM anak-anak muda di Bumi Cenderawasih," kata Made dalam keterangan tertulis, Selasa (20/12/2022).

BACA JUGA : Pupuk Urea Langka, Bupati Situbondo Minta Petani Gunakan...

Ia pun turut memeriksa satu per satu ruangan dan fasilitas yang terdapat di gedung tersebut. Adapun nantinya, jika sudah diresmikan, PYCH bakal diserahterimakan dari Kementerian PUPR ke BIN. Dari hasil peninjauan, Made Kartikajaya menyarankan perbaikan di sejumlah titik untuk penyempurnaan gedung, di antaranya lapangan olahraga hingga railing tangga.

"Secara prinsip BIN sudah siap menerima gedung PYCH, namun masih ada sejumlah perbaikan. Apabila seluruh perbaikan dan pengerjaannya sudah selesai 100 persen, maka akan dilaksanakan serah terima dari Kementerian PUPR ke BIN," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua Meinar Manurung mengaku mendapatkan masukan dari BUN untuk mempercepat proses perbaikan.

"Hari ini bersama BIN sudah melakukan rapat koordinasi persiapan untuk serah terima. Kami juga menemani Deputi IV mengelilingi kawasan gedung untuk melihat pekerjaan di lapangan, sudah ada masukan dari Pak Deputi terkait hal-hal yang kami perlu perbaiki sebelum serah terima," kata Meinar.

BACA JUGA : Ratusan Ton Pupuk Urea Dari Anggaran DBHCHT Dibagikan Serentak...

Di sisi lain, Koordinator PMI Wilayah Papua Neil Aiwoy yang turut mendampingi kunjungan tersebut mengatakan berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia karena telah membangun PYCH.

Ia menambahkan pembangunan gedung ini merupakan satu dari sekian banyak fasilitas yang diberikan kepada anak muda Papua dan masyarakat Papua oleh Presiden Jokowi dan Kepala BIN Budi Gunawan.

"Terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan atas pembangunan gedung PYCH tersebut," jelasnya.

Sederet Fasilitas di PYCH

Gedung PYCH dibangun dengan megah, bernuansa adat dan mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua.

Gedung ini memiliki fasilitas untuk mendukung pengembangan anak muda di Tanah Papua dalam berbagai bidang, di antaranya bidang culinary, hospitality, riset, teknologi, kewirausahaan, industri kreatif, digital, pendidikan dan literasi, kesehatan, kecantikan, budaya hingga bahasa.

PYCH yang dibangun di atas lahan seluas 15 ribu meter persegi ini dilengkapi dengan gedung utama, asrama, lanskap, lapangan olahraga, bangunan utilitas, parkir, pos jaga. Adapun desain yang digunakan yakni rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena, yakni atap Honai dan atap Kariwari.(ros)