Yuk Buat Buket Beng-beng Rumahan untuk Hadiah Valentine!

  • Whatsapp
cokelat beng-beng
Beng-beng ala rumahan (resepkoki)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Februari menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu banyak orang untuk mengungkapkan kasih sayang. Tidak hanya diungkapkan kepada pasangan, tetapi juga kepada teman, keluarga, hingga orang tua. Salah satu kado valentine yang banyak diberikan adalah cokelat.

Jika bosan dengan cokelat yang dijual di pasaran, buket cokelat Beng-beng dapat menjadi alternatif kado Valentine dengan harga terjangkau karena kamu membuatnya sendiri.

Baca Juga

BACA JUGA: 5 Makanan Pengganti Cokelat untuk Hadiah Valentine – Nusadaily.com

Cara membuat buket cokelat Beng-beng sederhana tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membuat karamel krispi lalu dilapisi dengan cokelat batang leleh. 

Dilansir dari kompas.com, resep dari laman All Recipes berikut dapat disontek sebagai inspirasinya. Ada trik sederhana untuk merangkai buketnya juga. 

BACA JUGA: Cara Membuat Beng-beng Cake, Satu Potong Mana Cukup – Noktahmerah.com

BENG-BENG ala RUMAHAN

Bahan karamel krispi

  • 125 gram butter
  • 250 gram brown sugar 
  • 100 ml sirup jagung (bisa diganti madu)
  • 180 gram rice puff
  • 8 – 10 sdm susu kental manis
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 1/4 sdt garam

Bahan cokelat

  • 450 gram milk chocolate
  • 1 sdm mentega

BACA JUGA: Mau Chocodot? Ini Dodol Cokelat Daun Kelor asli Garut – Imperiumdaily.com

Cara Membuat Beng-beng Rumahan:

  1. Olesi loyang berukuran 24×24 cm dengan menggunakan mentega. Alasi dengan wax paper atau kertas panggang. Sisihkan.
  2. Bikin karamel krispi. Lelehkan butter dengan api sedang, masukkan brown sugar, sirup jagung, dan susu. Aduk terus hingga tercampur.
  3. Masak hingga adonan karemel mencapai suhu 120 derajat celcius atau hingga adonan mengental dan bisa dibentuk. Matikan api, tambahkan ekstrak vanili dan rice puff, aduk rata. Tuang ke dalam loyang yang sudah disiapkan, sisihkan. 
  4. Potong karamel yang sudah mengeras berukuran dua sampai tiga cm. Dinginkan kembali di lemari es selama 20 sampai 30 menit. 
  5. Masak cokelat. Lelehkan cokelat dengan metode kukus atau masukkan dalam microwave. Masukkan mentega, aduk hingga rata. 
  6. Celupkan karamel ke dalam cokelat leleh, tata kembali di atas loyang yang sudah dialasi wax paper. Diamkan dalam lemari es kurang lebih selama 30 menit.
  7. Kemas cokelat menggunakan aluminium foil berwarna emas, beri isolasi dua sisi lalu rekatkan pada kertas tebal berbentuk segitiga terbalik.  Bungkus menggunakan kertas kadu atau kain tile, ikat bawahnya dengan pita. Hiasi dengan bunga kering sesuai selera.(mic)