Kamis, Juni 30, 2022
BerandaFoodWow! Ternyata Biji Bunga Matahari Mengandung Banyak Nutrisi

Wow! Ternyata Biji Bunga Matahari Mengandung Banyak Nutrisi

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Departemen Teknis Laboratorium Nutrisi Universitas Nasional Luhan (UNL) di Argentina mengeluarkan laporan tentang sifat nutrisi biji bunga matahari. Laporan tersebut menunjukkan bahwa biji bunga matahari adalah makanan berenergi tinggi yang menyediakan lipid, karbohidrat, dan protein dalam jumlah tinggi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Pertamina Bantu Nutrisi dan Makanan Tambahan Tenaga Kesehatan Jayapura

“Biji bunga matahari adalah sumber energi yang baik. Hampir 50% komposisinya adalah lemak berminyak, jadi 100 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 600 kalori, yang setara dengan diet tradisional,” jelas ahli nutrisi Diego Sivoli.

BACA JUGA: Inspirasi Menu Sahur Padat Nutrisi, Coba Buat Sandwich Salad Telur

UNL juga mencatat bahwa karena biji bunga matahari mengandung serat, mereka memfasilitasi pergerakan usus dan mengurangi penyerapan nutrisi tertentu seperti glukosa dan kolesterol, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, makanan kecil namun halus ini dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Biji bunga matahari bahkan merupakan makanan yang ideal untuk para atlet, karena kandungan proteinnya yang tinggi membantu meningkatkan massa otot dan meregenerasi jaringan. Biji bunga matahari juga bermanfaat bagi anak-anak dan remaja dalam tahap pertumbuhan.

BACA JUGA: Waspada! Terobsesi Makanan Sehat Justru Bisa Berujung Malnutrisi

Menurut laporan UNL, biji bunga matahari adalah salah satu sumber protein nabati terbaik karena mengandung persentase asam amino esensial yang tinggi. Esensial berarti bahwa tubuh tidak dapat mensintesis asam amino ini dan harus mendapatkannya dari makanan. Asam amino ini diperlukan untuk banyak fungsi dalam tubuh, terutama fungsi saraf dan otot.

American Sunflower Association (Asosiasi Produsen dan Distributor Biji Bunga Matahari) menyebut biji bunga matahari sebagai “makanan super” karena mengandung berbagai nutrisi, banyak di antaranya tidak tersedia dengan cara lain.

BACA JUGA: 7 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Fungsi Otak

Alasan lain untuk pengenalan biji bunga matahari adalah kandungan nutrisinya yang tinggi, kaya akan lemak baik, atau asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Asosiasi Bunga Matahari Amerika Utara mengatakan biji bunga matahari adalah makanan alami, rendah karbohidrat dan tinggi serat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Plus, ia menyediakan asam folat, zat besi, dan vitamin B5, yang membantu mengurangi stres dan migrain.

BACA JUGA: Kenalkan Budaya-Makanan Indonesia ke Kancah Internasional

Untuk mengoptimalkan semua kandungan dan manfaat ini, Sivoli menekankan pentingnya “mengaktifkan” benih-benih ini.

“Membiarkan benih dalam air selama 12 hingga 14 jam meningkatkan penyerapan mineral yang seharusnya sebagian diblokir oleh antinutrisi yang ada di semua benih. Biji bunga matahari juga dapat diproses untuk memaksimalkan penggunaan semua sumber nutrisinya,” katanya.(nd3/lna)

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Begini Reaksi Warga Lokal Usai Ramai Kasus Pencabulan Guru Ngaji

NUSADAILY.COM- MOJOKERTO- Usai Ramai kasus dugaan pencabulan guru ngaji di Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, sejumlah warga meminta menutup tempat pembelajaran Al-Qur'an (TPQ) itu. Ini...