Tradisi Ratusan Tahun, Ini Aneka Makanan Penutup Idul Adha di Turki

  • Whatsapp
makanan penutup
Makanan penutup tradisional Turki dipajang di Ankara, Turki, pada 30 Juli 2020. Warga Muslim Turki memiliki tradisi menyantap makanan penutup selama Hari Raya Idul Adha, yang berlangsung mulai 31 Juli hingga 3 Agustus di negara tersebut. (Xinhua/Mustafa Kaya)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Turki menyimpan tradisi-tradisi serta makanan penutup khas pada perayaan hari besar Islam, termasuk Idul Adha. Makanan-makanan penutup ini tidak berbahan daging.

Dilansir dari Daily Sabah via Kompas.com, Sabtu 1 Agustus 2020 setiap rumah di Turki biasanya menyediakan suguhan manis untuk makanan penutup para tamu. Tradisi ini sudah berlangsung ratusan tahun.

Baca Juga

1. Puding Roti Turki

Roti sudah menjadi makanan pokok di meja-meja Turki. Roti tak hanya cocok untuk sarapan atau dipadukan dengan sup buatan sendiri.

Roti juga bisa menjadi pencuci mulut aau makanan penutup. Salah satunya adalah puding roti Turki atau dalam bahasa Turki disebut Ekmek Kadayifi (baca: eck-meck ‘kah-dah-yuf’-eh). Biasanya puding itu disajikan dengan “kaymak,” sejenis krim.

Makanan itu dapat ditemukan di mana-mana, dari restoran terbaik di kota hingga toko kue dan kafe.

Kota Ayfon dan Hatay menjadi rumah bagi puding roti Turki yang paling terkenal dan lezat.

Untuk memudahkan orang-orang menyiapkan puding roti Turki, supermarket biasanya menjual roti kering yang dikemas khusus untuk hidangan penutup ini.

Langkah-langkah menyiapkan puding roti ini cukup mudah. Pertama, rendam roti kering dalam air panas dan tuangkan sirup di atasnya.

2. Lokma dan Churros Manis Turki

Churros manis Turki adalah adonan goreng yang biasa dijual di jalanan. Makanan ini menjadi makanan penutup yang renyah. Dalam bahasa Turki makanan ini disebut “halka tatlisi”.

Cara makannya adalah dengan dicelupkan ke dalam sirup yang sangat manis. Itu sebabnya Anda mungkin membutuhkan secangkir air setelah gigitan pertama.

Ada lagi makanan penutup manis lainnya, yaitu lokma. Itu adalah bola adonan goreng yang manis. Dalam bahasa Turki lokma berarti gigitan. Potongannya seukuran satu gigitan. Lokma dibuat dari tepung, ragi, garam, dan minyak.

Cara membuatnya dengan digoreng dan direndam dengan sirup manis. Lokma menjadi makanan penutup favorit di Turki karena telah menghiasi meja-meja para sultan selama bertahun-tahun.

Ada pepatah Turki yang menyebut “lokma döktürmek,” yang berarti memasak dan menyajikan lokma kepada anggota keluarga dan orang lain ketika keinginan menjadi kenyataan atau peringatan kelahiran bayi.

Tradisi itu masih diamati di beberapa desa Anatolia. Sementara itu Churros manis Turki dan lokma sangat populer di provinsi Mardin dan Diyarbakir.

3. Katmer

Makanan penutup ini berasal dari Gaziantep, sebuah kota di bagian tenggara Turki. Katmer adalah sebuah kue manis yang diisi dengan krim dan pistachio.

Katmer gaya Gaziantep adalah yang paling terkenal, sedangkan kota lain memiliki variasinya sendiri. Ada yang mengisinya dengan pasta biji wijen atau menyajikannya dengan “pekmez” (molase buah).

4. Kabak Tatlisi

Ada juga makanan penutup berupa manisan labu Turki. Dibanding makanan penutup lainnya, ini paling sehat dan tanpa kalori ekstra. Untuk membuatnya tidak sulit. Pertama, ambil labu segar lalu potong-potong.

Kedua, taburi dengan gula, kemudian tunggu setidaknya satu malam sampai gula mengeluarkan air di labu sehingga menjadi sirup.

Ketiga, panggang potongan labu dan ketika sudah siap, taburi dengan kenari, krim, atau es krim di atasnya.

5. Baklava

Perayaan Idul Fitri atau Idul Adha tak lengkap tanpa baklava, hidangan makanan penutup favorit sepanjang masa di antara orang-orang Turki.

Tak hanya di Turki, ini juga menjadi favorit di negara-negara Timur Tengah dan Balkan. Makanan ini merupakan khas masakan zaman Ottoman.

Sayangnya tidak mudah membuatnya. Baklava berupa hidangan penutup yang terbuat dari lapisan filum pastry, diisi dengan krim semolina dan pistachio Antep.

Makanan itu bisa disajikan dengan kopi, secangkir serbat atau ayran yang menyegarkan. Baklava tidak hanya bisa diisi dengan pistachio, tetapi hazelnut, walnut, dan cokelat. (yos)

Post Terkait

banner 468x60