Rabu, Januari 19, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaFoodTips Membuat Meal Plan, Metode Praktis untuk Sehat

Tips Membuat Meal Plan, Metode Praktis untuk Sehat

NUSADAILY.COM – MALANG – Meal plan merupakan sebuah rancangan menu dalam satu periode. Lamanya periode ini bisa satu minggu atau satu bulan ke depan sesuai kondisi. Tapi akan lebih praktis jika disusun per minggu sehingga akan terjadwal dengan baik.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menu yang dibuat alangkah lebih baik jika sehat dan seimbang. Misalnya, Melon, sayur bayam, tempe orek, dan ayam bakar. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, pilih menu yang mudah dibuat seperti tumisan atau kukusan.

Catatan menu tersebut akan sangat membantu dalam mengetahui bahan yang akan dibeli dan perkiraan harga belanjaan. Ini alasan meal plan dapat membantu mengontrol pengeluaran uang makan. Selain itu ada banyak manfaat meal plan yang lain.

Baca juga: 5 Makanan Pengganti Nasi Agar Cepat Turun Berat Badan

Berikut tips jitu menyusun meal plan :

1. Cari Referensi Resep

Sebelum membuat rancangan menu, alangkah lebih baik untuk memperbanyak referensi menu masakan agar menu yang akan dimasak lebih bervariasi. Bisa dengan membeli buku resep atau melihat-lihat di internet.

2. Susun Daftar Belanja

Setelah mengetahui menu-menu apa saja yang akan dimasak, kini waktunya membuat daftar belanjaan. Tentukan pula bahan-bahan yang tahan lama dan tidak.

Yang bisa lebih dari 1 minggu biasanya adalah daging-dagingan, seperti daging sapi dan ayam. Beberapa sayuran juga tahan, seperti kol, timun, dan tomat. Untuk bumbu, bisa bawang merah, putih, bombay, dan yang lainnya yang cukup kering.

Untuk yang kurang dari 1 minggu penyimpanan adalah sayuran hijau. Usahakan membelinya dekat dengan waktu memasak. Karena selain kandungannya berkurang, sayuran yang tidak fresh mempunyai cita rasa yang kurang.

Baca juga: Ini Tujuh Makanan Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih

3. Penyimpanan dan Pemorsian Makanan

Bagi makanan sesuai porsi makan agar mudah saat menyusun dan mengambilnya di kulkas. Selain itu, membagi makanan sesuai porsi dapat mencegah penurunan kualitas produk akibat terlalu sering terpapar udara.

Cara pemorsian makanan bisa disesuaikan dengan selera. Bisa dengan memisahkan makanan per jenis atau satu porsi makanan disatukan dalam satu wadah. Pastikan wadah yang digunakan tertutup rapat dan tidak lembab.

Jika menggunakan wadah yang tidak transparan, gunakan label di setiap wadah untuk mengingatkan jenis makanan atau jadwal konsumsi. Kemudian simpan bahan makanan sesuai jenisnya. Pastikan untuk memisahkan bahan-bahan dengan bau yang menyengat agar tidak memberi pengaruh kepada bahan yang lain.

4. Menyiapkan Bumbu Dasar

Untuk menghemat waktu, menyiapkan bumbu dasar adalah pilihan terbaik. Hal tersebut akan mempersingkat waktu memasak di hari H karena tidak butuh mengupas dan mengulek bumbu lagi. Selain itu cucian piring pun akan semakin sedikit.

Umumnya ada bumbu dasar putih, kuning, dan merah. Siapkan bumbu-bumbu tersebut disaat senggang atau bisa juga dengan membeli bumbu jadi yang banyak dijual di pasaran.

Itulah beberapa tips sebelum menyusun meal plan. Perlu diingat, bahwa dengan membuat rancangan menu atau meal plan ini, bukan berarti harus memasak di rumah dan masak sendiri setiap hari. Meal plan bisa juga digunakan untuk merencanakan menu makanan apa yang harus dibeli agar tetap bisa mengatur budget dan gizi makanan sehari-hari.(mic)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily