Tips Aman Menyantap Daging Kurban

  • Whatsapp
daging kurban
Ilustrasi daging merah (serupedia.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Idul Adha atau Hari Raya Kurban di Indonesia identik dengan olahan serba daging merah. Daging merah menjadi salah satu favorit masyarakat karena mengandung banyak protein dan sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan yang menggugah selera.

Dilansir dari halodoc.com, selain protein, daging merah juga memiliki banyak zat besi dan juga vitamin sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata, gigi, tulang, kerja sistem saraf hingga kesehatan mental.

"
"

Baca Juga

"
"

Namun dibalik semua manfaatnya, mengonsumsi daging merah secara berlebihan akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan, sepeti kanker usus, diverkulitis hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan porsi daging yang akan kita santap.

BACA JUGA: Aneka Menu Lezat Khas Idul Adha, Kamu Harus Coba

BACA JUGA: Dendeng Batokok Sambal Hijau, Olahan Daging Mudah Tanpa Ribet

Berikut adalah tips mengonsumsi daging kurban sapi, kambing, atau sejenisnya dilansir dari hellosehat.com:

1. Perhatikan Porsi

Pastikan bahwa porsi daging yang dikonsumsi hanya satu porsi, atau setara dengan ukuran setengah telapak tangan.

2. Selektif dalam Memilih Daging

Pilihlah jenis daging yang tidak berlemak atau bergajih, karena daging yang seperti itu pasti mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Bagian daging sirloin, loin, atau round adalah bagian yang biasanya rendah atau bebas dari lemak.

Apabila masih ada lemak yang menempel pada daging sebaiknya rebus atau panggang terlebih dahulu agar lemak tersebut meleleh.

3. Metode Masak

Pilih metode memasak yang sehat, seperti merebus, menumis, atau memanggang. Hindari daging yang digoreng karena akan menyerap minyak lebih banyak lagi.

Itulah tips aman mengonsumsi daging kurban dari tim NusaDaily. Selain hal-hal diatas, jangan lupa selingi dengan mengonsumsi sayur dan buah. Jangan sampai memakan olahan daging secara terus menerus. (mic)

Post Terkait

banner 468x60