Saturday, September 18, 2021
HomeFoodTidak Hanya Pizza, Ini 5 Makanan Khas Roma yang Wajib Dicoba

Tidak Hanya Pizza, Ini 5 Makanan Khas Roma yang Wajib Dicoba

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Roma menjadi salah satu kota yang mendapatkan kesempatan istimewa dalam penyelenggaraan Euro 2020. Kota yang telah berdiri sejak 753 SM ini ditunjuk menjadi tempat opening ceremony atau pesta pembukaan sekaligus tuan rumah Euro 2020.

Euro 2020 tertunda selama sekitar setahun dari jadwal semula akibat pandemi Covid-19.

Selain jadi tempat berlangsungnya laga pembuka Euro 2020, Roma termasuk salah satu kota di dunia yang memiliki makanan khas yang disukai banyak orang.

Tidak hanya pizza, ini 5 makanan khas Roma yang wajib Anda coba jika sedang berkunjung ke Roma:

BACA JUGA: Resep Ketan Urap, Camilan Tradisional untuk Teman Ngeteh

Cacio e Pepe

Cacio e Pepe (primo chef)

Secara harafiah, Cacio e Pepe berarti “keju dan lada”. Keju yang digunakan adalah keju Pecorino yang berbahan dasar susu domba. Selain itu, bahan lain yang digunakan hanya pasta dan garam.

Meskipun sangat sederhana, namun makanan ini mencerminkan cita rasa klasik khas Roma. Rebusan pasta jenis Spaghetti, Linguine atau Tonnarelli yang masih panas diberi tambahan sedikit air rebusannya, lalu diaduk kuat-kuat hingga menghasilkan saus yang lembut.

BACA JUGA: Resep Dimsum Ayam Sederhana ala Rumahan

Bucatini all’Amatriciana

Bucatini all’Amatriciana (bofrost)

Amatriciana merupakan salah satu saus khas Roma yang paling terkenal dalam khazanah kuliner Italia. Nama Amatriciana sendiri diambil dari nama kota Amatrice di wilayah Lazio.

Saus ini berbahan dasar tomat, lada, keju pecorino, bawang putih, dan irisan guanciale (pipi babi) untuk menambah cita rasa.

Coda alla Vaccinara

Coda alla Vaccinara (cucina notizie)

Coda alla Vaccinara merupakan salah satu hidangan yang paling khas dari Roma. Hidangan ini menggunakan bahan dasar daging sapi bagian buntut/ekor.

Cara memasaknya adalah dengan merebus buntut sapi selama berjam-jam ditambah dengan bumbu saus tomat, seledri, bawang, kacang pinus, dan rempah-rempah aromatik lainnya. Proses memasaknya yang lama membuat daging bagian buntuk menjadi sangat empuk dan mudah terlepas dari tulang.

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam, Gampang dan Enak Banget

Saltimbocca

Saltimbocca (saveur)

Saltimbocca merupakan salah satu hidangan Italia yang cukup populer bagi turis asing. Jika kalian mengunjungi kota Roma, jangan lewatkan mencicipi hidangan satu ini.

Hidangan ini berbahan dasar irisan daging sapi muda, bisa juga ayam, yang dibalut dengan daging prosciutto dan daun sage (salvia officinalis). Akan semakin lezat dinikmati bila ditemani dengan segelas anggur putih.

Supplì

Supplì (la cucina)

Supplì merupakan gorengan khas Roma yang dapat dijumpai baik di kedai-kedai street food ataupun di restoran. Bentuknya sekilas nampak seperti kroket. Akan tetapi hidangan ini dibentuk dari bahan dasar nasi yang diberi keju mozzarella, pecorino, dan saus daging.

Selanjutnya adonan nasi akan dibalut dengan tepung roti dan digoreng hingga garing dan keju di dalamnya meleleh.

Itulah sederet makanan khas kota Roma selain pizza yang wajib Anda coba. Mencoba makanan di atas pasti akan membuat kamu seperti penduduk lokal kota Roma. Makanan mana yang paling menarik perhatian Anda?(mic)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular