Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaFoodTerlihat Mirip, Ini Bedanya Leker dan Crepes

Terlihat Mirip, Ini Bedanya Leker dan Crepes

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Salah satu camilan manis yang digemari oleh banyak kalangan adalah crepes dan kue leker.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kedua camilan lezat ini kerap sulit dibedakan karena memiliki banyak kesamaan. Meskipun begitu, ternyata keduanya memiliki beberapa perbedaan signifikan. Berikut bedanya, dikutip dari siaran resmi Crepe Signature.

BACA JUGA: Ide Sarapan Praktis di Akhir Pekan

Sejarah dan Negara Asal

Seperti namanya yang kebarat-baratan, crepes memang berasal dari Eropa sejak abad-13, tepatnya dari Bretagne, sebuah wilayah di Prancis bagian barat. Dari situ, konsumsi crepes meluas ke seluruh dunia. Istilah crepes sendiri berasal dari bahasa latin “crispa” yang berarti keriting. Belakangan, istilah crepes sering merujuk pada pancake kering dan tipis.

BACA JUGA: Gurihnya Sego Menok Botok Pelas, Kuliner Khas Magetan, Sopan di Lidah, Ramah di Kantong

Di sisi lain, kue leker sendiri merupakan kuliner khas Tanah Air. Tidak ada literatur pasti mengenai asal muasal leker. Namun, beberapa sumber menyebutkan kue leker sebagai jajanan khas dari kota Solo dan Surabaya. Menurut halaman resmi pemerintah Surakarta, dahulu kala banyak orang Belanda yang tinggal di Solo dan menyukai jajanan yang satu ini. Leker awalnya berasal dari bahasa Belanda yaitu Lekker, yang artinya enak. Setiap orang Belanda selesai memakan jajanan itu sering diakhiri dengan mengucap kata Lekker.

BACA JUGA: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Yakitori dan Sate Ayam

Perbedaan bentuk

Cara paling mudah membedakan kue leker dan crepes adalah dengan melihat lipatan kulitnya. Kue leker umumnya hanya berbentuk satu lipatan, namun crepes di Indonesia biasanya berbentuk lebih dari satu lipatan.

Perbedaan bentuk ini kemungkinan terkait dengan wadah yang digunakan. Adonan leker biasanya akan dituang dalam wajan cembung bulat yang mirip seperti teflon. Itulah yang mengakibatkan lapisan pinggir leker lebih tipis ketimbang bagian tengah. Sementara itu, crepe dimasak menggunakan wajan datar dan rata sehingga membuat pugasan bisa disebarkan di semua bagian.

Halaman selanjutnya: Cara Pembuatan

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily