Serabi Bandung, Makanan Khas yang Gampang Bikin Kangen

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANDUNG – Selain siomay, masakan khas Bandung yang namanya cukup dikenal adalah serabi atau di Bandung dikenal dengan surabi. Jajanan ini banyak dtemui di sejumlah titik di Kota Bandung. Karena memang sudah menjadi semacam tradisi untuk memakan serabi ini.

Sehingga bagi orang Bandung yang merantau ke luar kota, biasanya akan kangen dengan makanan yang satu ini. Makanan yang dimasak dengan sederhana menggunakan alat yang sederhana pula. Di daerah Gegerkalonggirang misalnya, serabi ini banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan di setiap pagi.

Sehingga ketika kita jalan-jalan pagi bisa sekalian beli serabi tersebut. Rasanya semakin nikmat bisa disantap dalam keadaan masih hangat. Udara Kota Bandung yang dingin menambah kenikmatan saat menyantap serabi yang masih panas. Ah…nikmat…

Nah, bagi kalian yang kangen makan serabi khas bandung tetapi sedangg di luar kota, bisa mencoba membikinnya sendri. Karena bahannya mudah dicari dan membikinnya tidak sulit. Inilah resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan

  1. 225 gram tepung beras haluskan sendiri .
  2. 25 gram tepung tapioka
  3. 100 gram kelapa muda kupas parut kasar
  4. 1 sdt peres garam
  5. 550 ml santan (me 2 bks kara @65ml + 420ml air)
  6. Toping (suka2 atau mau polos)
  7. Oncom/tempe pedas
  8. Telur puyuh
  9. Abon
  10. Gula

Langkah

  • Campur semua bahan jadi satu dan kocok dengan wisk kurang lebih  15 menit (sampai banyak busa/gelembung).
  • Diamkan minimal 1 jam.
  • Panaskan cetakan dengan api sedang (tes pakai tetesan air) olesi minyak.
  • Tuang 1 sendok sayur penuh adonan pada cetakan, biarkan sampai muncul gelembung-gelembung kecil lalu taburi toping dan tutup kurang lebih 3-5 menit sampai kering.
  • Angkat dan sajikan hangat-hangat.

Nah, tidak sulit kan cara membikinnya. Ayo tunggu apa lagi segera bikin serabi Bandung mumpung kini lebih banyak berdiam diri di rumah. (aka)