Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaFoodResep Gari, Acar Jahe yang Wajib Ada di Restoran Jepang

Resep Gari, Acar Jahe yang Wajib Ada di Restoran Jepang

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Jika Anda pecinta kuliner Jepang, pasti tidak asing dengan sajian yang satu ini. Gari atau yang lebih dikenal dengan ginger sushi ini adalah salah satu jenis tsukemono alias acar sayuran.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Acar jahe Jepang ini terbuat dari jahe muda yang diiris sangat tipis. Irisan jahe kemudian direndam dengan cuka beras dan sedikit gula. Tak heran jika gari memiliki rasa yang manis-manis asam. 

BACA JUGA: Resep Danmuji, Acar Lobak Kuning Pendamping Masakan Korea

Gari banyak dijumpai di resto-resto Jepang yang menyajikan sushi sebagai menu utama. Rasanya yang hangat renyah bisa mengurangi kecenderungan alergi dengan ikan atau seafood dan juga menghindari masuk angin.

Berikut resep acar jahe Jepang untuk pendamping sushi dilansir dari Cooking with Dog:

BACA JUGA: Cara Membuat Acar Timun Burger atau Pickle yang Asam Segar

ACAR JAHE JEPANG (GARI)

Bahan:

  • 200 g Jahe muda
  • 120 ml Cuka beras
  • 100 ml Air
  • 5 sdm Gula
  • 1/2 sdm Garam

Cara Membuat:

1.Pastikan untuk menggunakan jahe muda yang lunak, rasanya kurang tajam dan kulitnya tipis.

2.Potong jahe sebesar 4cm kemudian kupas kulitnya menggunakan sendok. Bilas jahe. Hilangkan airnya menggunakan tisu dapur.

3.Iris jahe setipis mungkin. Iris jahe disepanjang tunas akan membuat jahe memiliki tekstur yang bagus dan membantu menghindari jahenya robek.

Gari (cookingwithdog.com)

4.Redam irisan jahe dalam air selama 15 menit untuk mengurangi rasa tajam jahe. Sisihkan.

5.Dalam panci campurkan air, gula dan garam. Nyalakan kompor. Aduk sampai merata. Setelah gula larut, angkat panci dan campur dengan cuka. Sisihkan.

6.Taruh jahe kedalam saringan, rebus dalam air mendidih. Rebus sekitar 1 sampai 2 menit. Jika rasanya masih terlalu tajam. Rebus lagi selama 30 detik.

Gari (cookingwithdog.com)

7.Angkat dan jatuh-jatuhkan saringan berisi jahe di atas tisu dapur berkali-kali untuk mengeringkan air.

8.Letakkan irisan jahe yang sudah ditiriskan ke dalam wadah kaca tahan asam yang telah di sterilkan. Tuang 3 sendok cuka manis yang dibuat tadi. Aduk rata.

9.Peras jahe untuk menghilangkan air cuka manis dan air sisa rebusan. Ini akan mencegah sausnya jadi encer dan membantu meningkatkan daya simpan umur jahe. Setelah itu, tuang sisa cairan cuka manis ke dalam jahe.

Gari (cookingwithdog.com)

10.Simpan jahe dalam kulkas. Paling sedikit selama setengah hari, Anda bisa menikmati acar jahe yang menyegarkan.(mic)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Indra Kenz Jalani Sidang Perdana Secara Virtual, Para Korban Binomo Ngamuk

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Banten, menggelar sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan kasus investasi bodong Binomo, Jumat (12/8). Terdakwa dalam perkara ini,...