Kamis, Januari 27, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaFoodPON XX dan Peparnas Angkat Bisnis Kopi Milenial Papua

PON XX dan Peparnas Angkat Bisnis Kopi Milenial Papua

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Perhelatan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI (Peparnas) membuka peluang bisnis pembinaan bagi petani kopi milenial orang asli Papua untuk bisa menjual produk pertanian go publik Internasional.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Peluang kopi Papua bisa “go international” selain dapat mendatangkan pendapatan keluarga bagi petani milenial juga mampu mengangkat perekonomian daerah Papua wilayah paling Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA: Sangrai Kopi Sendiri di Rumah, Iseng yang Bikin Seneng

“Impian menjadikan petani kopi milenial Papua bisa terangkat ke dunia Internasional perlu dukungan bersama pemerintah, perbankan dan kalangan profesional,” ungkap Ketua DPD Asosiasi Kopi Indonesia Andre Pahabol.

Mewujudkan petani kopi milenial Papua Go International terus digaungkan Ketua DPD ASKI Papua Andre Pahabol sejak enam tahun silam melalui wadah organisasinya.

Mengajak generasi muda Papua untuk menekuni usaha bisnis kopi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun harus memerlukan kiat khusus sehingga pemuda Papua tertarik untuk menanam kopi.

“Obsesi saya kedepan petani milenial kopi orang asli Papua bisa mendatangkan uang untuk keluarganya melalui bisnis kopi Papua,” harap Andre Pahabol di Jayapura, dikutip Minggu.

Kontribusi anak muda untuk mendorong laju ekonomi di Provinsi Papua tampaknya segera mengalami akselerasi. Pasalnya, Papua selain kaya dengan sumber daya alamnya juga memiliki sumber daya manusia muda berprestasi.

Melalui kopi, anak muda Papua lebih inspiratif dalam bidang menekuni bisnis kuliner dan kewirausahaan karena dapat membuka lapangan kerja baru untuk orang lain.

“Ini pekerjaan rumah besar bagi DPD ASKI Papua karena ingin merubah pola pikir anak muda Papua berbisnis kopi. Ya ini tantangan harus menjadi komitmen organisasi,”ujarnya.

Kopi dari Papua hingga kini mulai dicari penikmat kopi dunia karena varian kopi asal Papua pun cukup banyak yang tersedia, baik jenis robusta maupun arabica.

Kopi yang ditanam di berbagai daerah di Provinsi Papua punya kelebihan cita rasa sendiri dibanding kopi jenis lain dari daerah di Indonesia.

Peluang bisnis kopi hingga saat ini telah menjadi daya tarik ekonomi global, karena itu potensi ekonomi ini perlu dicoba para milenial Papua.

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed