Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaFoodOseng-oseng Mercon Kuliner Pedas Asal Jogja, Siapa Berani Coba ?

Oseng-oseng Mercon Kuliner Pedas Asal Jogja, Siapa Berani Coba ?

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Oseng-oseng Mercon Kuliner Pedas Asal Jogja. Di sebuah kota yang dikenal lebih banyak karena masakan manisnya, tersimpan juga kekayaan kuliner dengan dimensi rasa yang berbeda. Ya, Jogja juga dikenal karena masakannya yang pedas-pedas loh teman-teman. Salah satunya adalah resep oseng-oseng mercon khas Jogja yang aku bagi hari ini.

Kota Jogja yang selalu dirindu itu memang tidak pernah ada matinya. Sebagai salah satu destinasi kuliner di Indonesia yang terbaik, selalu saja ada hal baru yang bisa dicoba setiap saat aku bertandang ke sini. Sudah kesekian kalinya ke Jogja masih saja ada kedai gudeg yang belum aku sambangi atau bakpia rekomendasi teman yang harus dicoba.

BACA JUGA : Menu Buka Puasa ke-22, Resep Ikan Layang Goreng Kering Siram Sambal

Yang menarik adalah awalnya aku mengira pemunculan oseng-oseng mercon di Jogja ini sensasional seperti misalnya seblak dari Bandung. Tapi nyatanya, oseng-oseng mercon ini sudah ada setidaknya hampir dua dekade ini. Bertahan hingga saat ini dan tetap populer, tentu ini bukan sembarang makanan yang begitu-begitu saja. Terlebih ketika di berbagai penjuru kota ada saja warung atau restoran yang menjajakannya.

Resep Oseng-Oseng Mercon

Buat kamu yang belum pernah mencobanya memasak resep oseng-oseng mercon khas Jogja, masakan ini menggunakan daging tetelan sebagai bintang utamanya dan ditumis bersama sejumput bumbu, cabai, gula merah, dan kecap manis. Proses masaknya sengaja memang agak memakan tambahan waktu agar semua bumbu benar-benar menyatu dengan akrab.

BACA JUGA : Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela, Tambah Pete Biar Mantap

Setelah tersaji, oseng-oseng mercon ini tinggal dilengkapi dengan bawang merah goreng dan nasi hangat. Siapkan segelas teh panas untuk meredakan lidah kamu yang kepanasan karena rasa pedasnya. Nah, kalau dirasa resep ini masih bisa didampingi beberapa masakan lainnya agar terasa lebih nikmat, aku ada beberapa resep yang bisa kamu coba di kesempatan berikutnya.

Berhubung sudah dalam mode oseng-oseng, bagaimana kalau kamu mencoba oseng-oseng dengan menggunakan buncis ataupun orek tempe? Dengan penampilan apik keluarga oseng-oseng bertiga ini pasti lengkap sudah makan malam ataupun buka puasa kamu. Kalau ada yang kurang, ayo jangan ragu menambah lagi ya teman-teman!

BACA JUGA : Sambal Mangga Muda ala Waroeng SS

Bahan-bahan

  • 500g daging sapi, diiris-iris kecil
  • 3lembar daun salam
  • 3cm lengkuas, iris, memarkan
  • 1sdt gula merah
  • 2sdt garam
  • 1sdm Bango Kecap Manis
  • 300ml air
  • 5sdm minyak goreng

Bumbu halus

  • 200gram cabai rawit merah
  • 50gram cabai merah keriting
  • 10butir bawang merah
  • 5siung bawang putih
  • 2cm jahe

Cara membuat

  1. Panaskan minyak di dalam wajan. Masukkan lengkuas, daun salam, serta bumbu yang dihaluskan. Tumis hingga agak matang.
  2. Masukkan daging tetelan sapi dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata. Tambahkan air matang, dan masak hingga daging empuk.
  3. Tambahkan gula merah, garam, dan Kecap Bango Manis.
  4. Aduk-aduk terus hingga bumbu meresap.
  5. Oseng-oseng mercon siap disajikan dengan taburan bawang merah.
- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...