Selasa, September 21, 2021
BerandaCultureNabi Muhammad SAW Makan Ini Agar Virus Tak Masuk ke Tubuh

Nabi Muhammad SAW Makan Ini Agar Virus Tak Masuk ke Tubuh

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sejak zaman Rasulullah SAW, virus sudah ada. Begini cara Nabi Muhammad SAW mencegah virus masuk ke dalam tubuhnya.

Bicara soal mewabahnya virus, ini bukan yang pertama kali di dunia. Saat zaman Nabi Muhammad SAW pun pernah wabah penyakit, misalnya penyakit kusta atau lepra seperti yang dikutip dari Dompet Dhuafa.

BACA JUGA : Indonesia Perkuat Kapasitas Surveilans dan Identifikasi Virus Corona – Nusadaily.com

3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh Foto: iStock

Seseorang yang terpapar kusta, kulitnya akan mengkerut. Bakteri kemudian menggerogoti bagian-bagian tubuh hingga berubah bentuk. Penyakit ini menular melalui cairan yang keluar dari hidung.

“Dari Anas Ibn Malik bahwa Nabi SAW pernah berdoa dengan: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari penyakit buruk lainnya,” (HR. Abu Dawud).

BACA JUGA : Brazil Cetak Rekor Kasus Virus Corona dengan 115.228 Kasus Harian – Imperiumdaily.com

Sebagai bentuk pencegahan, Nabi Muhammad SAW menjaga jarak, seperti disebutkan, “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu,”. (HR Imam Bukhari).

1. Menjadikan Kurma Sebagai Makanan Sehat

3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh Foto: iStock

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengandalkan makanan sehat untuk sebagai obat. Salah satu makanan yang dijadikan obat adalah kurma ajwa yang disebut-sebut sebagai jenis kurma terbaik.

- Advertisement -

BACA JUGA : Peningkatan Kasus Varian Baru Virus Korona Harus Jadi Peringatan Bagi Semua Pihak – Noktahmerah.com

Dari Abu Huraira ra, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Kurma Ajwa itu dari surga, di dalamnya terdapat penawar terhadap racun dan cendawan (kam’ah) adalah manni, sedangkan airnya adalah obat bagi mata,” (HR Imam At-Toirmidzi dalam Ath-Thib)”

Hadits lain juga menyebutkan, “Dalam hadits lain,” Aisyah RA, Nabi bersabda “Sesungguhnya dalam kurma ajwa dari daerah Aliyah ada obat atau itu Ajwa adalah anti racun di pagi hari,” (HR Muslim).

Kurma diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan. Antara lain menambah kadar gula darah dan mengobati katarak mata. Begitu pun dengan sari kurma yang bisa mengobati demam berdarah, melancarkan BAB, dan sakit tenggorokan.

Sementara pasta kurma apabila dicampur dengan madu dapat dijadikan obat untuk mengobati diare. Selain kurma, Nabi Muhammad SAW juga menggunakan Habbatussauda atau jintan hitam.

2. Menjadikan Habbatussauda sebagai Obat

3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh Foto: iStock

Jintan hitam dianggap oleh masyarakat sebagai obat dari segala penyakit dan juga untuk menjaga sistem imunitas tubuh manusia. Hal tersebut pernah disampaikan lewat sebuah hadits:

“Kami keluar bersama Ghalib ibn Abjar, di jalan ia sakit. Saat sampai di Madinah ia masih sakit, Ibnu Abi Atiq menjenguknya lalu berkata kepada kami, ‘Mestinya kalian gunakan Habbatussauda ini,” (HR Bukhari).

Kemudian disarankan untuk mengambil lima atau tujuh butir habbatussauda atau jintan hitam lalu ditumbuk. Kemudian diteteskan seperti minyak. Aisyah pernah menceritakan kepadaku bahwa nabi Saw berkata:

“Sesungguhnya Habbatussauda ini adalah obat segala penyakit, kecuali penyakit as-sam,” Aku bertanya, “Apakah as-sam itu?” Nabi menjawab, “Kematian.” (HRBukhari).

3. Tambahkan Madu sebagai Obat Alami

3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh Foto: iStock

Allah SWT berfirman, “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan,”.

“dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia,” (QS An-Nahl ayat 68-69).

Madu dipercaya mengandung alkali atau zat kimia yang menetralisir asam atau membentuk garam. Itu karena di dalam madu mengandung potasium, sodium, kalium dan magnesium.

Karenanya madu disebut untuk menyeimbangkan kadar alkali dalam tubuh. Selain itu juga bisa untuk membersihkan tubuh dari zat asam yang menghilangkan kekuatan tubuh dan membuat tubuh lemas.(han)

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...