Kuliner Khas Rumania, Makanan ala Kastil Kerajaan

  • Whatsapp
makanan rumania
Sarmale (Central Transylvania)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pasti Anda sudah tidak asing jika mendengar Rumania. Apalagi jika Anda merupakan penggemar dari film Hotel Transylvania yang memang memiliki latar belakang tempat di Rumania.

Selain terkenal dengan kastil-kastil tua sebagai tempat wisata yang sangat populer, Rumania juga memiliki makanan yang sangat enak dan tidak bisa ditemukan di negara manapun.

Baca Juga

Ini beberapa kuliner khas Rumania yang kabarnya memiliki gaya ala kastil kerajaan dilansir dari Gotravelly.com:

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba

Sarmale

Sarmale (Central Transylvania)

Hampir mirip dengan siomay Indonesia, bedanya sarmale adalah kubis yang berisikan daging, bisa daging sapi, kambing, babi, ayam atau ikan yang dicampur dengan nasi dan bahan lainnya. Di beberapa daerah, Sarmale ini dinikmati dengan jagung dan krim asam.

Varza a La Cluj

Varza a La Cluj (Food Evolution)

Makanan ini memiliki bahan dasar yang sama seperti Sarmale, bedanya Varza a La Cluj tidak dibalut kubis. Daging cincang dicampur dengan asinan kubis, dan bumbu-bumbu lain kemudian dipanggang jadi satu ke dalam oven. Biasanya makanan khas ini juga disajikan dengan krim asam.

BACA JUGA: Mengenal Makanan Tradisional Khas Rusia

Drob De Miel

Drob De Miel (Stirile Kanal)

Makanan yang satu ini biasanya dihidangkan saat paskah. Biasanya, Drob terbuat dari domba, tetapi kebanyakan masyarakat lebih memilih hati ayam. Kemudian daging tersebut dicampur rempah-rempah khas Rumania dan diletakkan telur rebus di tengahnya. Sajikan Drob De Miel saat sudah dingin.

Ciorba De Burta

Ciorba De Burta (Unica Retete)

Di Indonesia, babat sapi menjadi salah satu makanan favorit untuk dijadikan menu lezat seperti soto dan lain sebagainya. Bagi yang suka babat sapi, Anda bisa mencoba Ciorba De Burta. Makanan ini terbuat dari babat sapi yang diolah menjadi sup dan disajikan dengan krim asam, cuka, dan pasta bawang putih atau mujdel. Sup babat sapi ini sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat.

Pomana Porcului

Pomana Porcului (Teo’s Kitchen)

Pomana Porcului menggunakan daging babi sebagai bahan dasarnya. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang paling dicari turis bahkan masyarakat Rumania sendiri, terutama untuk masyarakat  pecinta daging babi, momen ini menjadi momen yang paling ditunggu di Rumania selama setahun.

Iahnie Cu Ciolan

Iahnie Cu Ciolan (Savori Urbane)

Iahnie Cu Ciolan merupakan salah satu makanan khas Rumania yang bahan dasarnya berupa daging babi juga. Daging babi ini diasapkan, dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan paduan kacang dan acar bawang merah. Iahnie Cu Ciolan ini akan sangat pas untuk disantap saat musim dingin sebagai penghangat badan karena mengandung banyak bawang-bawangan.

BACA JUGA: Kuliner Khas Azerbaijan, Sajian Menonton Euro 2020

Papanasi Cu Branza de Vaci Si Affine

Papanasi Cu Branza de Vaci Si Affine (pinterest)

Papanasi Cu Branza de Vaci si Affine merupakan dessert yang bentuknya seperti donat. Biasanya disajikan dan dimakan dengan krim manis di bagian atasnya. Makanan ini sama seperti dessert pada umumnya yang diberi tambahan selai dan buah-buahan sejenis berry dan cherry di bagian atasnya.

Itulah beberapa kuliner khas Rumania yang harus Anda coba. Bagaimana? Sudah tertarik dengan makanan ala kastil kerajaan ini?(mic)