Kaya Nutrisi, Coba Buat Susu Kurma buat Takjil Hari Ini

  • Whatsapp
kurma susu
Susu kurma (lawangagung)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Selain dimakan langsung, ternyata kurma juga bisa diolah menjadi minuman yang lezat tapi tetap menyehatkan.

Sementara itu, susu pun mengandung khasiat yang tidak kalah bagus. Bayangkan, ketika susu dan kurma diolah, apakah khasiatnya akan bertambah atau justru tidak ada sama sekali?

Baca Juga

BACA JUGA: Mengenal Kurma Basah dan Kurma Kering Serta Manfaatnya – Nusadaily.com

Kurma mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, hingga magnesium. Dalam satu butir kurma Medjool dengan berat 24 gram, terkandung 66 kalori, karbohidrat 18 gram dengan serat 2 gram dan gula 16 gram.

Ssedangkan setiap 1 gelas susu fullcream (245 gram), mengandung 125 kalori, lemak 4.7 gram, kolesterol 20 mg, sodium 127 mg, potassium 397 mg dan karbohidrat 12 gram. Selain itu juga mengandung vitamin A, C, klasium dan zat besi.

Dengan begitu banyak kandungan nutrisi perpaduan kedua bahan ini dalam susu kurma tentu memberi manfaat sehat untuk tubuh. Bisa memberikan asupan nutrisi segera setelah seharian berpuasa. Rasanya creamy gurih dengan legit alami kurma. Enak diminum hangat atau dingin.

BACA JUGA: Konsumsi Kurma Muda Buat Program Hamil, Ini Penjelasannya – Beritaloka.com

SUSU KURMA

Bahan:

  • 15 butir Kurma
  • 500 ml Susu cair
  • 3 sdm Madu
  • Air matang, untuk merendam kurma, secukupnya

BACA JUGA: 7 Manfaat Susu Kambing yang Jarang Diketahui – Noktahmerah.com

Cara Membuat:

  1. Buang biji kurma kemudian taruh kurma dalam gelas. Rendam kurma dengan air matang secukupnya sampai kurma terendam seluruhnya. Simpan dalam kulkas minimal 5 jam atau semalaman.
  2. Campur susu cair, kurma dan air rendaman kurma, tambahkan 3 sendok makan madu. Blender sampai halus.
  3. Tuang ke dalam gelas saji.
  4. Susu kurma siap disajikan.(mic)