Kamis, Mei 26, 2022
BerandaFoodKarak Brantan Oleh-oleh Khas Solo yang Wajib Dibeli, Favorit Presiden Soeharto

Karak Brantan Oleh-oleh Khas Solo yang Wajib Dibeli, Favorit Presiden Soeharto

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sebelum meninggalkan kota Solo, kamu wajib beli oleh-oleh ini. Namanya karak Brantan yang renyah gurih. Murah meriah dan enak buat lauk nasi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Selain intip goreng dengan rasa asin atau dengan kucuran gula merah, ada makanan yang dibuat dari nasi. Dikenal dengan nama karak atau kerupuk karak. Bentuknya segi empat panjang, warnanya kecokelatan dengan rasa renyah gurih.

BACA JUGA: KRL Solo-Yogyakarta Tambah Jumlah Perjalanan Selama Libur Lebaran

Makanan murah meriah bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional. Salah satu yang cukup terkenal adalah karak bikinan produsen di Kampung Bratan, Kecamatan Laweyan, Solo. Ada beberapa produsen karak di kampung ini.

Salah satunya produk kerupuk karak yang dirintis Mitro Raharjo, puluhan tahun silam. Usaha ini sudah dilakukan turun temurun hingga tiga generasi.

“Awalnya dibuat oleh kakek kami Mbah Mitro Raharjo, kemudian diteruskan Pak Ismu dan sekarang dikelola istri dan saya sebagai menantu,” kata Hartono dilansir dari detikJateng saat ditemui di rumahnya di Bratan RT 1/RW 6, Sabtu (7/5/2022).

Proses pembuatan karak ini sangat sederhana. Bahannya berupa nasi yang dikukus dengan sejumlah bumbu seperti bawang dan garam. Semua bahan itu ditumbuk hingga halus hingga menjadi adonan kenyal kemudian diiris tipis-tipis.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Pernikahan Ketua MK dan Adik Jokowi, Resepsi Gunakan Busana Adat Jawa

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dalam pesta pernikahannya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo, Idayati, bakal mengenakan busana yang khusus didesain...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily