Kaldu Kambing Kacang Hijau Khas Banyuwangi, Pilihan Kuliner Saat Idul Qurban

  • Whatsapp
مرق الماعز الفاصوليا الخضراء
Menu sate gule dengan olahan kaldu kambing kacang hijau khas Banyuwangi. (foto: ozi/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGIHari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah tinggal menghitung hari. Di Hari Idul Qurban ini, biasanya masyarakat sering membuat olahan kuliner yang berbahan dari daging kambing, seperti sate dan gule. 

Baca Juga

Namun tidak ada salahnya, bagi anda pecinta kuliner untuk mencoba resep baru olahan kuliner kambing untuk menu di Hari Idul Adha nanti. Salah satunya ialah Kaldu Kambing Kacang Hijau.

Kuliner khas Banyuwangi ini berisikan daging dan tulang kambing berkuah kental yang dipadukan dengan kacang hijau. Masakan ini, menjadi menu favorit masyarakat di Kampung Arab, Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Kota Banyuwangi. 

“Biasanya disantap setelah Salat Jumat. Warga etnis Arab di Banyuwangi menyantap Kaldu Kambing dengan kacang hijau ini,” ujar As’ad Nagib, pemilik Kedai Nikmat, Selasa 28 Juli 2020.

Kaldu Kambing Kacang Hijau ini, kata As’ad, sebenarnya masuk kuliner sop. Hanya saja, sop satu ini tidak menggunakan sayuran. “Jadi isinya hanya daging kambing dan kacang hijau yang dihaluskan,” ungkapnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah

Siapkan bumbu yang terdiri dari jintan, bawang putih, jahe, pala, dan merica. Bumbu dicampur jadi satu dan dihaluskan.

Selanjutnya, siapkan daging dan tulangan kambing. Biasanya, daging dan tulangan yang digunakan adalah bagian kaki kambing muda. Sementara kacang hijau dihaluskan setelah dibuang kulitnya.

Setelah bumbu dan bahan dasar siap, masukkan daging dan tulangan kambing ke panci berisi air mendidih. Berikutnya, masukkan bumbu-bumbu dan setelah itu baru masukkan kacang hijau yang sudah dihaluskan. 

“Tunggu hingga setengah jam, sampai dagingnya empuk dan mengekuarkan kaldu. Untuk menambah aroma, tambahkan daun bawang dan seledri saat menyajikan Kaldu Kambing Kacang Hijau untuk disantap,” imbunya.

Menurut generasi kedua pemilik Kedai Nikmat ini, Kaldu Kambing Kacang Hijau biasanya dihidangkan bersama dengan sate. Untuk satu porsinya, As’ad mematok harga sebesar Rp 28.000. 

Nah, bagi pecinta kuliner kambing yang penasaran, bisa langsung berkunjung ke Kedai Nikmat atau kamu bisa mencobanya sendiri di rumah untuk dihidangkan saat Hari Raya Idul Qurban nanti. (ozi/aka)