Jangan Khawatir, Ini 6 Penawar Usai Makan Daging Kambing

  • Whatsapp
makan daging kambing
Sate kambing dengan bawang merah dan tomat (yukmakan)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Masakan berbahan daging kambing bertebaran di momen tahunan Idul Adha dan makan sate, gulai, semur atau tongseng sayang untuk dilewatkan.

Namun ketakutan sering menghantui konsumennya, apalagi yang usianya sudah di atas 40 tahun. Mengonsumsinya secara berlebihan, bagi sebagian orang bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga

Zat besi pada daging kambing merupakan salah satu pemicu pusing kepala. Adapun zat besi tersebut adalah zat yang bernama tiramin.

Zat tiramin merupakan asam amino yang dapat memicu sakit kepala dengan cara mengurangi kadar serotinin pada otak. Juga memengaruhi pembesaran pembuluh darah.

Bila dikonsumsi secara berlebihan zat ini juga dapat meningkatkan tekanan darah terutama pada penderita darah tinggi.

Ternyata tidak hanya dalam daging kambing, makanan lain yang mengandung tinggi tiramin antara lain hati ayam, keju, bir. Juga daging yang telah di fermentasi dan anggur merah.

Kandungan daging kambing selain kaya akan protein dan zat besi, ternyata juga mengandung vitamin B, vitamin E, vitamin K, kolin, lemak alami, betain, kolesterol. Juga asam amino dan mineral seperti mangan, kalsium, seng, tembaga, fosfor dan selenium.

Daging kambing juga mengandung elektrolit seperti sodium dan potasium. Termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6. Sehingga bisa disebutkan bahwa daging kambing sangat lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan tubuh manusia.

Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada daging kambing juga bisa meningkatkan resiko pada pembuluh darah dan jantung. Oleh karena itu dalam mengkonsumsi daging kambing perlu ada pembatasan yang sesuai dengan usia, berat badan, jenis kelamin dan tentu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan.

Nah, dari beragam kandungan itu, ada cara menetralisir efek negatif daging kambing. Berikut disarikan NusaDaily dari jybmedia.

Minum Teh

Salah satu alternatif untuk menetralisir efek negatif setelah makan daging kambing dengan meminum teh tawar panas yang mengandung katekin atau teh hijau.

Minum Jus jeruk

Jus jeruk selain menyegarkan ternyata juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar dari efek negatif makan daging kambing. Namun yang perlu diperhatikan adalah jus jeruk tersebut tanpa dicampur oleh gula agar berfungsi sebagai penurun kolesterol.

Tomat

Buah ini juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar efek negatif dari makan daging kambing. Karena tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai penurun kolesterol.

Acar

Sebagai penyeimbang naiknya kolesterol akibat makan daging kambing kita bisa memakan acar yang terdiri dari mentimun, bawang merah dan wortel. Karena acar mengandung asam amino belerang yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kolesterol baik (HDL).

Almond

Makanan jenis kacang-kacangan ini juga sangat efektif dijadikan sebagai penawar dari efek naiknya kolesterol akibat makan daging kambing. Karena kandungan lemak tak jenuh dalam almond sangat berguna untuk mentralisir kolesterol jahat dalam daging kambing.

Buah-buahan

Agar tidak menimbulkan efek negatif pada kesehatan salah satu alternatif menetralisirnya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Adapun buah-buahan yang baik dijadikan sebagai penawar antara lain pisang, semangka, jeruk dan alpukat. (yos)

Post Terkait

banner 468x60