Italia Punya Spaghetti, di Medan Ada Mi Gomak

  • Whatsapp
mi gomak
Mi Gomak Goreng (tandaseru.id)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-MEDAN – Mi Gomak disebut-sebut sebagai spaghetti khas tanah Batak. Itu karena bentuk minya menyerupai spaghetti, relatif tebal dan teksturnya kenyal. Namun ukurannya pun lebih panjang dari makanan khas Italia itu.

Mie Gomak terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak Toba, meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli.

Baca Juga

Mengenai asal usul sebutan untuk menu ini ada beragam versi. Sebagian menyebutkan, Mi Gomak karena cara menyajikannya dulu ada proses digomak-gomak (digenggam pakai tangan).

Sampai saat ini tetap disebut mi gomak, meskipun pada akhirnya tidak menggenggamnya dengan tangan saat menghidangkannya.

Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng.

Rasanya sangat unik apabila mie gomak dicampur dengan bumbu dari tanah Batak yakni andaliman.

Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak. Sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai “merica batak”.

Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun “menggigit” sehingga menimbulkan sensasi kelu atau mati rasa di lidah, meskipun tidak sepedas cabai atau lada. Selain dalam masakan Batak, penggunaan Andaliman sebagai bumbu masak juga dikenal dalam masakan Asia Timur dan Asia Selatan.

Selain bisa memakan Mi Gomak dengan bumbu andaliman, bisa juga menikmatinya dengan tambahan kuah lontong atau bumbu kacang. Kalau ada kesempatan ke Medan, ada baiknya mencicipi masakan khas Batak ini. (yos)

Post Terkait

banner 468x60