Ini Tiga Makanan Ampuh Penghalau Serangan Flu

  • Whatsapp
Gulai kambing menjadi makanan berkuah yang bisa meredakan flu karena penuh dengan rempah-rempah (Foto: ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Perubahan cuaca ekstrem di musim penghujan selalu membuat sebagian masyarakat terserang flu. Seperti halnya penyakit yang disebabkan oleh virus, influenza sebenarnya juga tidak ada obatnya.

Obat-obatan yang dikonsumsi –misalnya pereda demam, antibiotik–sebatas supporting agar tubuh bisa membentuk antibodi untuk melawan si virus.

"
"

Baca Juga

"
"

Asupan makanan menjadi faktor penting untuk mendukung tubuh melawan virus flu. Makanan berkuah yang hangat, sedikit pedas dan kaya rempah terbukti secara faktual membantu tubuh menghalau virus flu. Makanan berkuah juga membuat seseorang penderita flu yang malas makan, jadi lebih bersemangat untuk makan.

Disarikan dari beragam sumber, NusaDaily menyajikan tiga makanan berkuah yang ampuh untuk meredakan gejala flu dan membuat tubuh bugar kembali.

Gulai

Gulai adalah masakan berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong.

Gulai diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercita rasa gurih. Ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan.

Masakan ini memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia. Meskipun, dalam kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

Soto

Soto disebut juga sroto, sauto, tauto, atau coto. Yakni makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam. Tetapi ada pula yang menggunakan daging kambing.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya. Mmisalnya soto Madura, soto Kediri, soto Pemalang, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar.

Soto juga diberi nama sesuai isinya, misalnya soto ayam, soto babat, soto daging atau soto kambing. Ada pula soto yang dibuat dari daging kaki sapi yang disebut dengan soto sekengkel.

Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun.

Untuk menambah kenikmatan soto, biasanya juga disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, berbagai macam gorengan (tempe, tahu, bakwan) dan koya.

Sup

Sup bening berisi potongan ayam atau daging sapi dan sayuran ini sering jadi menu sehari-hari. Rasanya gurih enak plus pedas merica. Makanan ini banyak dianjurkan untuk mereka yang terserang flu.

Tentang keampuhan sup dalam meredakan flu ini, ada hasil penelitian yang mendukung. Yakni penelitian di University of Nebraska Medical Center Omaha, seperti dimuat dalam abcnews.go.com.

Dalam penelitian tersebut, sup ayam mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa mencegah demam dan pilek semakin parah. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Stephen Rennard, salah satu peneliti.

Rennhard mengungkapkan jika pilek dan demam disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Hal tersebut akhirnya menimbulkan peradangan dan mempengaruhi sel darah putih.

Renhard dan timnya meneliti perpindahan sel darah putih ini. Disimpulkan, orang yang banyak mengonsumsi sup ayam perpindahan sel darah putihnya berjumlah lebih sedikit.

Itulah tiga makanan berkuah penuh rempah yang bisa dikonsumsi apabila terasa gejala serangan flu. (yos)

Post Terkait

banner 468x60