Senin, September 26, 2022
BerandaFoodIni 9 Warung Tahu Petis Terenak di Semarang

Ini 9 Warung Tahu Petis Terenak di Semarang

NUSADAILY.COM-SEMARANG – Makanan apa yang terngiang di ingatan ketika mendengar kata Semarang? Lumpia. Yup. Tetapi ada lagi yang juga legend di Semarang. Yakni tahu petis.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Tahu petis merupakan jajanan khas Semarang, meski di daerah lain juga ada. Makanan ini berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis.

Petis adalah saus berwarna hitam kental. Bahan bakunya dari udang dan ikan. Kualitas dan rasanya beragam, tergantung pembuatnya. Nah, tahu petis di Semarang ini melegenda karena rasa petisnya yang khas.

Di Semarang, penjual tahu petis bertebaran di hampir semua wilayah. Berikut sembilan penjual tahu petis enak di sekitar Semarang yang wajib dicoba, dilansir dari gotravelly.

1. Tahu Petis Prasojo

Tahu petis Prasojo cukup ternama di Semarang. Usaha tahu petis Prasojo sudah ada sejak 1980. Rasanya yang khas tetap dijaga dari mulai awal berjualan hingga sekarang.

Bumbu petis yang dijadikan isian tahu petis diproduksi sendiri. Sehingga rasanya tetap sama.

Petis dibuat dari olahan udang dan cumi, ditambahkan gula dan juga garam. Untuk sehari saja warung Prasojo bisa menghabiskan delapan kilogram cumi dan juga udang untuk diproduksi menjadi petis.

Disini rasa dan juga aroma petisnya sangat kuat. Tahu yang digunakan tahu jenis pong atau tahu tanpa isian karena akan diisi dengan petis. Di warung Prasojo, juga dijual bumbu petis botolan yang dapat dijadikan sebagai buah tangan.

2. Tahu Petis Mataram

Tahu Petis Mataram ada di Jalan Mataram, Haryono Kota Semarang. Di sini menyediakan tahu petis yang enak dan legendaris. Menyediakan tahu petis yang enak dan gurih harganya juga sangat terjangkau.

3. Tahu Petis Rasamala

Terletak di Jalan Rasamala Raya, Kios Pasar Jati, Banyumanik, Kota Semarang. Di sini menjual tahu petis yang tak kalah enak yang memiliki bumbu yang gurih manis dan juga rasa pedas dari cabenya.

4. Tahu Petis Bu Aning

Tahu petis enak terdapat di tempatnya Bu Aning. Terletak di Kuningan, Kota Semarang.

5. Tahu Petis Yudhistira

Terletak di Jalan Yudistira No. 21, Pendrikan Kidul, Semarang. Di sini tersedia tahu petis enak yang disajikan panas dan ditemani cabe rawit. Di sini juga menjual bumbu petis dalam kemasan botol.

6. Tahu Petis Prayogi

Lokasinya di Jalan Yudistira di samping Unidus. Tahu petis di sini lezat dan gurih.

7. Tahu Petis Amirah

Terletak di Jalan Depok No 47-49 , Kembangsari Kota Semarang. Tahu petis ini buka setiap harinya dan menyediakan tahu petis yang enak. Selain itu tempatnya juga sangat nyaman dan bersih. Untuk harganya pun sangat bersahabat dan terjangkau.

8. Tahu Petis Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang sebagai lokasi ikonik, juga mudah mendapatkan tahu petis.

9. Tahu Petis Mantep Pak Min

Terletak di Jalan Kedungmundu, Depan Asrama TNI AD Mrican, Kota Semarang. Tempat ini buka setiap hari. Tahu petis yang lezat ini sudah ada sejak tahun 1989 dan juga menjual tahu petis kemasan siap saji.

Bagi yang belum sempat ke Semarang, bisa membuat sendiri tahu petis di rumah. Berikut ini resep tahu petis khas Semarang.

Bahan-bahan

  • Tahu 4 blok
  • Gula merah sebanyak 4 Sendok
  • Lengkuas 1 Ruas
  • Petis udang 4 sendok makan
  • Bawang putih 6 siung
  • Kecap manis 3 sendok
  • Air
  • Garam secukupnya
  • Tepung Tapioka
  • Lada secukupnya

Cara Membuat

  • Mula-mula goreng tahu hingga berwarna kekuningan dan matang, lalu angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya tumis bawang putih dan juga lengkuas sampai harum, lalu masukan gula merah, kecap, garam, merica dan juga petisnya. Aduk hingga rata dan tambahkan air secukupnya.
  • Tambahkan tepung tapioka ke dalam adonan petis, aduk hingga rata. Belah tahu goreng dan masukkan saus petis ke dalamnya.
  • Tahu petis siap untuk disantap.

(yos)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Kecelakaan Maut di Tol JORR, Mobil Terguling Disopiri Suami: 2 Korban Tewas Istri dan Anak!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Mobil Toyota Calya bernopol F-1303-RS terguling setelah menabrak bagian belakang mobil boks di Km 5+800 Tol JORR arah Kembangan. Mobil...