Gatot Singkong, Makanan Legendaris Saat Rakyat Sengsara di Zaman Jepang, Cocok untuk Ngirit di Saat Pandemi Corona

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – Barangkali di masa sulit ekonomi ini kita perlu kembali ke masakan tradisional yang bisa dibilang murah. Salah satunya makanan gatot yang terbuat dari singkong. Makanan ini menurut sesepuh dahulu konon menjadi favorit saat rakyat tertindas di zaman penjajahan Jepang.

Baca Juga

Saking sulitnya makan, banyak yang memakan singkong yang langsung direbus atau dibikin gatot agar bisa awet. Dan ternyata, meski nenek moyang kta dulu makan gatot dari singkong, mereka tetap bisa bertahan hidup. Jadi apa salahnya di masa pandemi corona yang menyebabkan sulit ekonomi ini kita tidak mencoba membiasakan makan gatot.

Padahal rasa gatot yang dicampuri parutan kelapa dan garam juga sungguh nikmat. Nah bagi yang ingin mencoba membikin gatot, simak resep dari cookpad.com di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 kg gaplek singkong berjamur
  • 1 buah kelapa tua parut kukus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula

Langkah memasak

  1. Rendam gaplek singkong selama 1 minggu
  2. Jangan lupa selalu ganti air rendaman setiap hari agar bau gaplek menghilang
  3. Setelah satu minggu tiriskan gaplek singkong kemudian beri garam dan gula
  4. Kukus hingga matang kemudian campur dengan kelapa dan diberi sedikit garam. Setelah itu siap dihidangkan.

Tips membuat gaplek singkong

  1. Pilih singkong yang dalamnya sudah berwarna seperti agak gelap. Kupas dan cuci bersih jangan lupa dipotong potong agar cepat kering.
  2. Jemur singkong setiap hari di bawah matahari jika hujan biarkan singkong kehujanan atau jika tidak musim hujan siram singkong yang dijemur tadi setiap hari agar berubah warna menghitam
  3. Jangan takut, justru smakin hitam semakin enak setelah singkong sudah menghitam jemur hingga kering dan simpan ke dalam tempat yang kering. (aka)