Kamis, Desember 2, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaFoodBosan di Rumah Saja? Yuk Buat Dalgona Coffee yang Segar dan Menggoda...

Bosan di Rumah Saja? Yuk Buat Dalgona Coffee yang Segar dan Menggoda Mata

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Dalgona coffee viral beberapa waktu belakangan di media sosial. Kopi susu dua lapis, yang terdiri antara susu cair dengan foam kopi pekat dan gula, seakan menjadi pilihan masyarakat, di tengah physical distancing yang ditetapkan pemerintah. Selain menyegarkan, dalgona coffee juga bisa menghapus kerinduan bagi yang gemar nongkrong di kafe.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Bentuknya menggoda dan berbeda dengan tampilan dua lapis. Bahannya juga mudah didapatkan dan dibuat di rumah sendiri. Dengan bermodal alat pengocok (balloon whisk)mixer atau bahkan saringan, Anda sudah bisa menghasilkan foam kopinya.

Dalgona coffee, dalam situasi seperti ini seolah menjadi trend baru, yang mengalahkan lezatnya kopi susu. Tampilannya yang cantik membuatnya populer dan Instagrammable.

Lantas bagaimana membuat dalgona coffee yang konon merupakan minuman nostalgia bagi masyarakat di Korea Selatan tersebut?

Cara Membuat

Berbekal kopi instan, gula pasir, dan susu bisa membuat kopi dalgona di rumah. Takarannya, 2 sdm kopi bubuk instant, 2 sdm gula pasir, 3 sdm air, susu cair secukupnya dan es batu secukupnya. Namun disarankan, kopinya harus dikocok sebanyak 400 kali (3-5 menit).

Campurkan semua bahan di dalam gelas tempat kamu akan meminum kopi tersebut. Kamu tidak perlu mengocok kopi di dalam mangkuk. Terus aduk atau kocok kopi dengan cara seperti itu hingga larutannya mengental. Setelah mengental, tuangkan susu ke dalam gelas tersebut dan taruh es batu di dalamnya. Dalgona pun siap disajikan.

Bagaimana sejarahnya?

Dalgona Coffee lahir di Korea Selatan. Dalam bahasa Korea, dalgona atau ppopgi berarti honeycomb toffee. Merupakan makanan yang terbuat dari karamel dan baking powder yang dipanaskan dan membentuk seperti sarang tawon. Bagi banyak orang Korea, dalgona membangkitkan kenangan nostalgia akan makanan gula di masa kecil.

Makanan atau yang lebih tepat disebut permen ini sangat populer di Korea Selatan pada 1970 dan 1980-an, jauh sebelum gerai makanan cepat saji beroperasi di sana. Makanan tersebut dibuat setelah perang Korea, saat itu personel Angkatan Darat AS memberikan gula-gula untuk anak-anak setempat. Namun orang tua yang tak bisa memberikan permen untuk anak-anak berusaha untuk membuat sendiri versi mereka.

Dalgona dibuat dengan mencampurkan gula dengan air dan merebusnya sampai mulai agak kuning. Kemudian baking soda ditambahkan, setelah itu campuran terurai dan karbon dioksida dilepaskan. Gula yang sudah dicairkan akan mengembang dan mengeras, menjadi ringan dan renyah.

Dalgona dijual di jalan-jalan Korea Selatan menyerupai lolipop besar dengan garis besar berbentuk hati, bintang atau desain sederhana lainnya, yang ditekan ke tengah. Tujuannya adalah untuk makan dalgona di sekitar garis tanpa merusak bentuk di tengah.

Lantas, dalgona coffee menjadi viral  di media sosial ketika Jung Il-Woo, seorang aktor Korea Selatan mengunjungi sebuah restoran di Makau dan di sana ia disajikan sebuah minuman yang mengingatkannya pada permen dalgona. 

Minuman ini kemudian juga ditampilkan pada salah satu acara TV Korea Selatan yang berjudul Stars Top Recipe at Fun-Staurant. (top)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR