Bahaya! Ini Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

  • Whatsapp
makanan dipanaskan
Ilustrasi memanaskan makanan (klikdokter)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Umumnya kegiatan memasak makanan di bulan Ramadan hanya fokus untuk berbuka puasa. Sementara saat sahur, rata-rata banyak orang yang masih mengandalkan makanan sisa berbuka dan menghangatkan kembali untuk sahur.

Ternyata, kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan bisa menghasilkan zat beracun saat dipanaskan ulang. Tentunya, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan kita.

BACA JUGA: Dokter Gizi: Tidak Disarankan Menghangatkan Makanan untuk Sahur – Nusadaily.com

Berikut enam makanan yang tidak bisa dipanaskan ulang dilansir dari kompas.com:

1. Sayuran dengan nitrat yang tinggi

Beberapa jenis sayuran seperti bayam atau sayuran berdaun hijau, wortel, lobak atau bahkan seledri mengandung nitrat yang tinggi. Ketika dipanaskan kembali, sayuran kaya nitrat ini memproduksi zat beracun yang bersifat karsinogenik.

Bayam mengandung zat besi dalam jumlah besar, memanaskannya kembali dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi zat besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan banyak penyakit termasuk infertilitas dan kanker.

2. Nasi

Menurut Badan Standar Makanan Inggris, nasi yang dipanaskan ulang bisa menyebabkan keracunan. Nasi yang disimpan terlalu lama biasanya mengandung bakteri Bacillus Cereus. Jika di panaskan, bakteri ini dapat menghasilkan spora yang beracun.

Setelah nasi dipanaskan dan ditinggalkan pada suhu kamar, setiap spora yang dikandungnya dapat berlipat ganda, yang bisa menyebabkan keracunan makanan saat dikonsumsi.

BACA JUGA: Tips Turunkan Berat Badan Sambil Puasa Ramadan – Beritaloka.com

3. Telur

Telur merupakan sumber protein tinggi yang bisa menyebabkan keracunan serius ketika dipanaskan berulang. Ketika telur usai dimasak, kita harus segera mengonsumsinya. Telur yang kaya protein ini juga mengandung banyak nitrogen. Jika dipanaskan, nitrogen bisa mengasilkan zat karsinogenik.

4. Ayam

Menyantap ayam saat panas memang terasa nikmat. Namun, memanaskannya berulang bisa menghasilkan zat beracun. Ayam mengandung protein yang bisa mengganggu pencernaan saat dipanaskan ulang.

BACA JUGA: Kiat Pilih Menu Buka-Sahur Agar Tetap Sehat saat Ramadan – Noktahmerah.com

5. Kentang

Kentang adalah makanan yang kaya akan vitamin B6, kalium dan vitamin C. Jika dipanaskan berulang-ulang, nutrisi tersebut bisa menghasilkan Clostridium Botulinum yang menyebabkan keracunan serius.

Kentang yang dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruangan juga bisa menhasilkan bakteri Clostridium Botulinum dalam jumlah tinggi. Untuk menghindari pertumbuhan bakteri tersebut, simpan kentang dalam lemari es atau buang kentang jika tidak dikonsumsi dalam satu hingga dua hari.

6. Jamur

Usai dimasak, jamur harus segera dimakan dan tidak boleh disimpan terlalu lama atau dipanaskan kembali. Jamur mengandung protein dan mineral tinggi yang jika dipanaskan kembali akan menghancurkan struktur protein tersebut.

Jika dikonsumsi, hal ini akan menyebabkan masalah pencernaan. Jamur yang dipanaskan ulang juga akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.(mic)