18 Makanan Enak Tapi Ampuh Turunkan Kolesterol

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Gak ada yang bisa tenang jika kadar kolesterol dalam tubuh sudah melebihi batas normal. Jika kita tidak  makan makanan penurun kolesterol dengan segera, dikhawatirkan akan memicu penumpukan plak di dalam dinding pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko terkena stroke atau penyakit jantung.

Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kedua penyakit ini bisa menyebabkan kematian atau dampak kesehatan fatal lainnya.

"
"

Baca Juga

"
"

Sebagai acuan, seperti dilansir Medical News Today, ambang batas toleransi dari LDL atau kolesterol jahat adalah 100-129 mg/dL, ambang batas tinggi di 130-159 mg/dL, dan tingkat tertinggi dari LDL adalah 160-189 mg/dL. Sementara 190 mg/dL dianggap sangat tinggi.

Berikut adalah berbagai makanan yang dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang padat nutrisi. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat – dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Studi klinis pun mendukung cara turunkan kolesterol dengan mengonsumsi alpukat. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu alpukat setiap hari, dapat menurunkan kadar LDL lebih banyak daripada mereka yang tidak makan alpukat.

Sebuah analisis dari 10 penelitian menentukan bahwa mengganti alpukat dengan lemak lain dapat menurunkan kolesterol total, LDL dan trigliserida.

Post Terkait

banner 468x60