Ekosistem Pendanaan Penting untuk Dorong Industri Fesyen Lokal

  • Whatsapp
fesyen ekosistem
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan keynote speech di Jakarta, Rabu (5/5/2021). (ANTARA/Kemenparekraf RI)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ekosistem pendanaan adalah hal penting untuk mendorong industri fesyen lokal, termasuk industri modest fashion yang kian diminati di Indonesia.

“Perlu dipastikan bahwa para Muslim fashion founder ini bisa di-funding. Tujuannya agar kita bisa menjadi captital city of Muslim/modest fashion in the world, sehingga dibutuhkan ekosistem pendanaan yang baik. Harus dihadirkan pembiayaan terjangkau, dari kemudahan prosedur hingga bunganya kepada Muslim modest fashion founders ini,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam perhelatan Modest FFFund 2021 di Jakarta, ditulis Jumat dari Antara.

BACAJUGA: Kemenparekraf: Industri Fesyen Modest di Indonesia Kian Bertumbuh – Nusadaily.com

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa hal ini juga sejalan dengan target Indonesia untuk menjadi produsen produk halal dunia pada tahun 2024. Menteri Sandiaga memaparkan, nilai belanja di sektor ini memiliki tren yang cenderung meningkat sehingga bisa menjadi peluang bagi pelaku industri ekonomi kreatif untuk naik kelas dan nantinya juga menggerakkan perekonomian nasional.

“Di tahun 2022-2023 diprediksi bahwa tren (modest fashion) akan terus tumbuh dan didukung demi ekonomi bangsa. Dan kita harap UMKM ini bisa naik kelas, scale up dari kecil ke menengah, dari menengah ke besar,” kata dia.

BACA JUGA: “Indonesia Trend Forecast 2021/2022”, Panduan Fesyen Digital dari Kemenparekraf – Noktahmerah.com

“Selanjutnya, adanya KUR (Kredit Usaha Rakyat), hibah pariwisata, BANPER (Program Bantuan Pemerintah), hingga Program Bangga Produk Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia, serta digitalisasi UMKM ini juga bisa direalisasikan dan memulihkan ekonomi Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Kemenparekraf menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk pemanfaatan jasa dan produk perbankan syariah demi pengembangan UMKM yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan Celebration Day Modest Fashion Founders Fund (MFFF) 2021.

Tujuannya, agar semakin banyak pelaku UMKM yang naik kelas melalui penyediaan produk serta layanan-layanan keuangan syariah bagi sektor pariwisata serta ekonomi kreatif.(mic)