Senin, September 26, 2022
BerandaNewsEkonomiHarga Kapas di China Turun Drastis, Berimbas Pada Permintaan Tekstil

Harga Kapas di China Turun Drastis, Berimbas Pada Permintaan Tekstil

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Harga kapas mengalami penurunan, hal ini juga diiringi dengan permintaan pakaian, sepatu hingga topi yang juga menurun. Hal tersebut menimbulkan beberapa spekulasi, salah satunya adalah dugaan mengenai fenomena dalam hal kesulitan menjual bahan baku kapas.

Natural organic cotton t-shirts and cotton plant flowers on white table. Eco clothes, fashion, sustainable lifestyle concept
- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melansir qq.com, berikut beberapa dugaan mengenai fenomena kesulitan menjual bahan baku kapas:

Baca Juga: Naik Level, Duo Alexandri Sabet Perak di Ajang Renang Indah Roma

Kapas baru: Zhai Xueling, Yuan Ruiling, Leng Bofeng

Pada bulan September, kapas baru akan diluncurkan. Dalam situasi pertumbuhan ekonomi domestik dan asing yang menurun dan meningkatnya ketidakpastian dalam lingkungan perdagangan internasional, permintaan kapas telah menurun.

Kemungkinan fenomena “kesulitan dalam menjual kapas” akan terjadi, yang akan merugikan petani kapas. Penting untuk membuat pengaturan menyeluruh sesegera mungkin, untuk memastikan perkembangan stabil industri kapas negara.

Pasar Diperkirakan Melemah, Penjualan Kapas Lambat

Dari sisi permintaan, sejak Februari tahun ini, epidemi domestik telah sering menyebar, yang berdampak besar pada operasi sosial dan kehidupan ekonomi. Pasokan industri kapas mengalami kemacetan, dan pasar domestik diperkirakan melemah, tekanan ke bawah meningkat secara signifikan.

Menurut data dari Biro Statistik Nasional, dari Januari hingga Mei 2022, penjualan ritel pakaian, sepatu, topi dan tekstil rajutan dalam mengalami penurunan 8,1% tahun-ke-tahun. Penjualan ritel online produk pakaian turun 1,6% tahun-ke-tahun.

Penurunan produk pada akhirnya juga mengurangi permintaan kapas. Menantikan periode selanjutnya, The Fed akan terus menaikkan suku bunga untuk menahan inflasi, dan ekspektasi bahwa ekonomi global akan memasuki resesi semakin kuat dan kuat, dan ekspor tekstil dan pakaian jadi luar negeri menghadapi banyak risiko dan tantangan.

Dipengaruhi oleh lingkungan makroekonomi dan perdagangan secara keseluruhan, konsumsi kapas domestik berada di bawah tekanan untuk dikurangi.

Dari sisi pasokan, menurut pantauan pasar kapas nasional, per 30 Juni, negara telah memproses total 5,801 juta ton kapas serat. Ditambah dengan impor dan persediaan tahun sebelumnya, pasokan kapas pada 2021/2022 akan melebihi 10 juta ton.

Sejak tahun 2022, pasar kapas di China telah berubah dari pola pasokan dan penjualan yang booming di tahun sebelumnya, pasar kapas melemah, konsumsi terus merosot, dan penjualan kapas melambat.

Pada 13 Juli tahun ini, negara memulai rencana rotasi cadangan kapas. Mengingat skala cadangan nasional, sekitar 800.000 ton kapas masih akan masuk tahun depan pada 2021/2022.

Baca Juga: Waspada Berenang di Pantai Prancis, Triggerfish Gigit 40 Pengunjung

Biaya Penanaman kapas meningkat dan Harga Tidak Optimal

Pada tahun 2021, harga pupuk dalam negeri umumnya akan naik. Menurut penelitian, tahun ini, biaya input pertanian kapas telah meningkat sekitar 50%, yaitu sekitar 300 yuan per mu. Biaya transfer tanah adalah 800-1200 yuan per mu, meningkat 200-300 yuan dari tahun sebelumnya.

Karena kenaikan harga minyak, biaya panen kapas juga akan meningkat. Perkiraan secara keseluruhan biaya produksi kapas tahun ini akan meningkat setidaknya 500-600 yuan per mu dibandingkan dengan tahun sebelumnya, atau sekitar 20%.

Di bawah pengaruh situasi penawaran dan permintaan, dari Januari hingga Juli 2022, harga rata-rata bulanan kapas standar domestik kelas 3128B turun dari 22.530 yuan menjadi 17.366 yuan per ton, atau turun sebesar turun 22,9%.

Saat ini, harga spot kapas 3128 miliar telah turun menjadi 16.000 yuan per ton, dan harga penyelesaian kontrak utama kapas berjangka Zheng adalah 14.780 yuan per ton. Dari segi produksi, karena harga kapas yang relatif baik tahun lalu dan tingginya antusiasme petani untuk menanam kapas, luas kapas di China tahun ini stabil dan sedikit meningkat dari tahun ke tahun.

Dari pantauan produksi kapas nasional Badan Riset Ekonomi Industri Sistem Teknologi Industri Kapas Modern Nasional, luas tanaman kapas nasional pada tahun 2022 akan meningkat sebesar 1,6% year-on-year.

Hingga saat ini, kondisi meteorologi yang komprehensif di daerah kapas di seluruh negeri cocok, serangan hama dan penyakit ringan, dan pertumbuhan kapas secara umum baik. Tahun sebelumnya, dalam situasi seperti saat ini pasokan kapas cukup, permintaan sulit ditingkatkan, dan harga kapas terus turun, harga kapas baru mungkin tidak optimal.

Perencanaan Awal untuk Memastikan Pendapatan Petani Kapas

Mengingat bahwa biaya penanaman kapas telah meningkat secara signifikan tahun ini, perusahaan pengolahan kapas umumnya kekurangan dana, dan mungkin ada fenomena “kesulitan dalam menjual kapas” di tahun baru. Disarankan untuk membuat rencana sesegera mungkin untuk memastikan pendapatan yang wajar bagi petani kapas.

Yang pertama adalah merumuskan rencana pembelian dan penyimpanan kapas baru di awal dan memberikan peran penuh pada Cadangan Negara dalam mengatur pasar domestik.

Mengingat kemungkinan penurunan konsumsi kapas dan kesulitan dalam menjual kapas tahun ini, direkomendasikan agar departemen terkait membuat pertimbangan menyeluruh, merumuskan rencana pembelian dan penyimpanan kapas tahun baru di awal. Memulai pembelian dan penyimpanan kapas nasional bila perlu, menyeimbangkan domestik pasokan dan permintaan kapas, menstabilkan pasar dan produksi kapas domestik.

Yang kedua, adalah mengatur pajak geser kapas untuk tahun depan. Untuk menstabilkan harga kapas dalam negeri, perlu mempertimbangkan secara komprehensif faktor-faktor seperti situasi penawaran dan permintaan kapas dalam negeri, kondisi perdagangan dan faktor-faktor lain di tahun baru.

Kapas perusahaan ekspor terpenuhi, dan di sisi lain, untuk menghindari dampak kapas asing pada konsumsi kapas domestik, perlu ditentukan dengan hati-hati Waktu, skala dan struktur impor pajak geser kapas.

Ketiga, memperkuat dukungan bagi perusahaan tekstil hilir. Menerapkan secara ketat kebijakan menstabilkan perdagangan luar negeri dan investasi asing yang diperkenalkan oleh negara pada bulan April, dan secara efektif mengurangi beban perusahaan tekstil dalam negeri dalam hal pajak penghasilan badan, jaminan sosial, konsumsi air dan listrik, dan memberikan pinjaman preferensial untuk memandu yang diharapkan pemulihan pasar konsumsi kapas domestik dan mempertahankan Pasar kapas sehat dan stabil. (mdr2/ark)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Dezhou Braised Chicken Jadi Hidangan Terpopuler Kereta Api China

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Setiap kali kereta melewati Stasiun Dezhou, China, truk penjual otomatis di peron terkelilingi oleh penumpang. Hanya untuk membeli Ayam Rebus Dezhou sebagai oleh-oleh...