Video Klip Terbarunya Dituding Jiplak ‘Above the Time’ IU, Via Vallen Minta Take Down

  • Whatsapp
via vallen video
Tangkapan layar scene video klip Via Vallen yang dituding mirip MV IU. (Twitter)
banner 468x60

JAKARTA – Penyanyi Via Vallen mendapat sorotan netizen setelah video klip terbarunya dari single bersama Dyrga Dadali berjudul ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ rilis. Bukannya mendapat pujian atas penampilan ciamiknya, Via Vallen ramai dihujat netizen di kolom komentar Youtube sejak Sabtu, 24 Oktober 2020 dini hari.

Netizen menilai video produksi Ascada Musik tersebut menjiplak total alur, setting, busana, hingga gimmick MV ‘Above the Time’ milik penyayi solo idola Korea Selatan, IU, yang sudah dirilis pada November 2019 lalu.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Video Cover “How You Like That” Via Vallen, Dibuat Sebelum Mobilnya Terbakar

Penggemar IU pun sontak menyerbu Via Vallen. Nama Via Vallen pun sempat menduduki jajaran trending Twitter.

Bahkan, tuduhan plagiarisme ini sudah sampai ke penggemar IU di manca negara. Akun Twitter @IU_Canada langsung bertindak meminta video klip Via Vallen dilaporkan langsung ke agensi tempat IU bernaung, EDAM Entertainment.

“PERINGATAN PLAGIARISME 201023. MV Terbaru Penyanyi Indonesia Via Vallen telah meniru konsep dan jalan cerita MV Above The Time asli IU. Silakan laporkan ke EDAM Entertainment melalui email. Lampirkan foto yang mirip dan kirim ke iufan.report@gmail.com,” tulis @IU_Canada.

Klarifikasi Ascada Musik

Terlanjur dihujat banyak orang, pihak Ascada Musik langsung memberikan tanggapan di kolom komentar Youtube Via Vallen.

Dalam poin pertama, mereka menjelaskan bahwa pihak manajemen Via tidak mengetahui bahwa konsep video tersebut ternyata serupa dengan video klip penyanyi lain. Mereka murni menerima konsep tersebut dari sang sutradara video.

BACA JUGA: Via Vallen Tunggangi Hulk, Sapi 1,3 Ton Seharga Rp 100 Juta

“Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara,” tulis Ascada Musik.

Untuk Via dan Dyrga sendiri, lanjut Ascada, hanya menjalankan tugasnya sebagai pemeran dan tidak tahu menahu soal keseluruhan konsep.

“Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip,” lanjutnya.

Tak hanya pihak Ascada, Via Vallen pun langsung bereaksi dan menuliskan isi hatinya di unggahan story instagramnya. Via mengaku bahwa dirinya benar-benar tidak tahu konsep awal video tersebut. Pasalnya, dia bukan penggemar K-Pop yang sebenarnya.

via vallen video
Tanggapan Via Vallen dalam story Instagramnya.

“Ini sama sekali ga ada unsur kesengajaan. Aku bukan penggemar K-POP secara umum, jadi ga banyak tahu soal MV K-POP,” tulis Via Vallen.

Tak hanya minta maaf, Via pun mengatakan bahwa dirinya akan meminta pihak manajemen untuk menurunkan atau take down video tersebut dari Youtube.

“Kalau dari awal aku tau bahwa MV Kasih Dengarkanlah Aku ini plek ketiplek sama MV orang lain, sudah pasti 100% aku akan minta ganti konsep. Jujur aku malu banget pas tau. Aku bakal minta videonya buat di take down,” kata Via. (lna)