Emisi Karbon Global Akan Meningkat 10% pada 2030 Menurut Laporan PBB

Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan bahwa planet sedang menuju ke arah yang salah dan bahwa komitmen iklim negara-negara saat ini tidak cukup untuk menghindari bencana pemanasan global.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan bahwa planet sedang menuju ke arah yang salah dan bahwa komitmen iklim negara-negara saat ini tidak cukup untuk menghindari bencana pemanasan global.

Melansir new.qq.com, PBB merilis laporan pada hari Rabu yang berisi “jika negara-negara memenuhi komitmen iklim mereka saat ini, emisi gas rumah kaca global akan meningkat 10,6 persen dari tingkat tahun 2010 pada tahun 2030.”

BACA JUGA: BUMN China Peroleh Pendapatan hingga 4,5 Triliun Periode..

Peningkatan emisi 0,6 persen yang diproyeksikan merupakan peningkatan kecil. Sebuah penilaian PBB tahun lalu menemukan bahwa negara-negara akan meningkatkan emisi mereka sebesar 13,7 persen pada tahun 2030.

Organisasi Meteorologi Dunia merilis edisi terbaru Buletin Gas Rumah Kaca, menunjukkan bahwa karbon dioksida, metana, dan dinitrogen oksida akan memiliki konsentrasi rekor tiga gas rumah kaca utama di atmosfer bumi pada tahun 2021.

Para ahli menyerukan lebih banyak tindakan

Simon Stiell, sekretaris eksekutif Sekretariat Perubahan Iklim PBB, mengatakan emisi karbon diperkirakan akan cenderung menurun pada tahun 2030, tetapi tidak mendekati pengurangan yang diperlukan untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius.

BACA JUGA: Majelis Umum PBB Memilih 14 Anggota Baru Dewan Hak Asasi Manusia

Stiell juga menekankan bahwa pemerintah perlu memperkuat rencana aksi iklim mereka sekarang dan menerapkannya selama delapan tahun ke depan.

Dia juga meminta negara-negara untuk membuat kemajuan dalam empat bidang prioritas: mitigasi, adaptasi, kerugian dan kerusakan, dan pendanaan iklim.(mdr2/lal)