Ekonomi Inggris Tegang Saat Resesi Landa Eropa

Pada 11 November, data yang dirilis oleh Kantor Statistik Nasional Inggris menunjukkan bahwa PDB Inggris mengalami kontraksi sebesar 0,6% bulan ke bulan pada bulan September. Diperkirakan sebesar -0,4%, dan nilai sebelumnya adalah -0,1%. Bank of England peringatkan bahwa ekonomi Inggris akan tergelincir ke dalam resesi dua tahun.

Ekonomi Inggris Tegang Saat Resesi Landa Eropa
krisis ekonomi Inggris (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM-LONDON- Pada 11 November, data yang dirilis oleh Kantor Statistik Nasional Inggris menunjukkan bahwa PDB Inggris mengalami kontraksi sebesar 0,6% bulan ke bulan pada bulan September. Diperkirakan sebesar -0,4%, dan nilai sebelumnya adalah -0,1%. Bank of England peringatkan bahwa ekonomi Inggris akan tergelincir ke dalam resesi dua tahun.

BACA JUGA: Putin Tetap Tak Hadiri KTT G20 Bali Meski Jokowi Sudah...

Melansir new.qq.com, pada saat yang sama, laporan prakiraan ekonomi terbaru yang dikeluarkan oleh Komisi Eropa memperingatkan bahwa ekonomi UE saat ini sedang menghadapi tantangan berat dan ketidakpastian yang tinggi. UE, kawasan euro, dan beberapa negara anggota UE akan jatuh ke dalam resesi pada kuartal keempat tahun ini.

Resesi langka dalam satu abad

Pada 11 November, data yang dirilis British Office for National Statistics menunjukkan bahwa produk domestik bruto (PDB) Inggris mengalami kontraksi sebesar 0,6% pada September dari bulan sebelumnya yang diperkirakan -0,4%, dan nilai sebelumnya adalah -0,1%. Penurunan bulanan terbesar sejak itu.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa pada kuartal ketiga tahun ini, PDB Inggris turun sebesar 0,2% dari kuartal sebelumnya, penurunan tajam dari nilai sebelumnya. Tapi sedikit lebih baik dari perkiraan konsensus para ekonom: -0,5%.

BACA JUGA: Ketika Anies Sebut Sambutan Warga Medan Gelombang Manusianya Menggetarkan

Inggris saat ini menghadapi krisis biaya hidup yang parah, dengan melonjaknya harga energi dan komoditas menekan pendapatan riil. Dalam upaya mengendalikan inflasi yang tinggi, Bank of England menaikkan suku bunga terbesar sejak 1989. (mdr2/lna)