Dukung Sport Tourism, SIWO PWI Kota Batu Gelar Porwarkot #1 di Tempat Wisata

''Dengan begitu, Porwarkot dapat membawa dampak positif kepada dunia olahraga Kota Batu yang juga sedang menggaungkan sport tourism. Tunjukkan sportivitas, semangat juang prestasi dan tetap fair pla

Jul 7, 2024 - 08:17
Dukung Sport Tourism, SIWO PWI Kota Batu Gelar Porwarkot #1 di Tempat Wisata
Asisten SDM, Administrasi dan Kemasyarakat Pemkot Batu Supriyanto bersama tamu-tamu VIP dan para wartawan foto bersama di sela-sela Pembukaan Porwarkot #1 dan Ketua PWI Malang Raya, Cahyono melakukan catur eksebisi dalam Pembukaan Porwarkot # 1 di Restoran Bahagia Taman Rekreasi Selecta Kota Batu

NUSADAILY.COM BATU - Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Kota Batu PWI Malang Raya menggelar Pekan Olahraga Wartawan Tingkat Kota (Porwarkot) #1 2024 Sabtu (6/7/2024) di TR Selecta dan Jambuluwuk Resort.  Ini merupakan kontribusi SIWO PWI dalam mendukung Sport Tourism yang sedang digencarkan Pemerintah Kota Batu dan juga pemerintah di Malang Raya.

 

Sembari berolahraga, para atlet yang juga jurnalis ini dapat sembari menikmati berbagai potensi pariwisata di Kota Batu. Total ada 30 atlet turut berpartisipasi menyemarakkan Porwarkot perdana di Kota Batu ini. Mereka bertanding berebut juara dalam cabor catur dan tenis lapangan. Dua cabang olahraga, catur yang berlangsung Restoran Bahagia Taman Rekreasi Selecta dan Tenis Lapangan di Jambuluwuk Resort.

 

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai yang diwakili Asisten SDM, Administrasi dan Kemasyarakat Supriyanto membuka Porwakot #1. Hadir juga Dirut Selecta Sujud Hariadi, Ketua PWI Malang Raya Cahyono, Kasi Humas Polres Batu Ipda Trimo, Kasi Datun Retynold mewakili Kepala Kejari, Dirut Perumdam Among Tirto Edi Sunaedi, Ketua KPU Kota Batu Joko Heru Purwanto, jajaran BNN, Bawaslu dan lain-lain.

 

Asisten SDM, Administrasi dan Kemasyarakat Supriyanto yang mewakili Pj Wali Kota Batu menuturkan apresiasinya atas dukungan insan pers dalam menggaungkan Sport Tourism. Ia berharap agenda ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan.

 

''Dengan begitu, Porwarkot dapat membawa dampak positif kepada dunia olahraga Kota Batu yang juga sedang menggaungkan sport tourism. Tunjukkan sportivitas, semangat juang prestasi dan tetap fair play,'' ungkapnya.

 

Dirut Selecta Sujud Hariadi turut mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para insan pers yang telah memberikan kepercayaan kepada Taman Rekreasi Selecta menjadi venue event olahraga.

 

''Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, apalagi juga selaras dengan komitmen bersama kita untuk mendorong program Sport Tourism di Kota Batu,'' ucapnya.

 

Ketua Penyelenggara Porwarkot M Noerhadi mengatakan jika Porwarkot 2024 ini digekar sebagai bentuk merupakan bentuk implementasi insan pers dalam fungsi edukasi dan mendorong stimulus gaya hidup sehat melalui olahraga. Terutama bagi kalangan generasi muda.

 

Hal ini, kata dia, selaras dengan tujuan Pemerintah Indonesia mewujudkan Generasi Emas 2045. Karena bonus demografi harus diiringi dengan menyiapkan generasi yang sehat dan pendidikan yang optimal.

 

''Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan pariwisata berbasis sport tourism. Diharapkan kegiatan ini sekaligus membawa dampak terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat,'' jelasnya.

 

Porwarkot, jelas Noerhadi, menjadi ajang pembinaan olahraga silaturahmi antar wartawan. Beragam kegiatan rutin dilaksanakan SIWO PWI Kota Batu seperti latihan Olahraga Silaturahmi, Pembinaan Olahraga di desa untuk meningkatan SDM di bidang keolahragaan dan pembibitan atlet dari wartawan.

Sementara, Ketua PWI Malang Raya Cahyono mengatakan jika Porwarkot 2024 ini menjadi ajang seleksi atlet untuk penjaringan atlet Porwarprov (Pekan Olahraga Wartawan Provinsi) dan Porwarnas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional).

 

''Di Kota Batu sendiri ada dua atlet yang diproyeksikan bergabung di Porwanas di cabor catur seperti Febri Setiyawan dan Adi Wiyono,'' ungkap Cahyono.

 

Ia menambahkan jika Porwarkot 2024 ini juga digelar untuk memperingati Hari Bhayangkara, HUT RI sekaligus Hari Olahraga Nasional. Porwarkot juga dilaksanakan serentak di Kota Malang dan Kabupaten Malang hingga 17 Agustus 2024. Berbagai kejuaraan akan digelar mulai cabor Catur Tenis Lapangan, Bulutangkis, Tenis Meja, E-Sport dan Menembak. Peserta kegiatan adalah anggota PWI Malang Raya. Catur dan Tenis Lapangan digelar di Kota Batu. Sedangkan cabor lainnya rencananya digelar di Kota Malang dan Kabupaten Malang.

 

Sebagai informasi, dalam kejuaraan catur Porwarkot 2024 ini menggunakan sistem Swiss. Panitia mendatangkan wasit atau juri turnamen ini dari Percasi Kota Batu. Sementara untuk pertandingan tenis mendatangkan wasit dan juri dari Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti) Kota Batu. Cabor catur dan tenis lapangan ini memperebutkan hadiah total jutaan rupiah. (wan)