Duh! Gelombang Panas Ekstrim Melanda Italia, Kini Suhu Melebihi 30 Derajat

Italia saat ini sedang dilanda gelombang panas yang sangat tinggi. Suhu mencapai lebih dari 30 derajat di bagian selatan. Tapi di bagian utara juga terbilang sagat panas.

NUSDAILY.COM – ROMA – Italia saat ini sedang dilanda gelombang panas yang sangat tinggi. Suhu mencapai lebih dari 30 derajat di bagian selatan. Tapi di bagian utara juga terbilang sagat panas.

Suhu musim panas di banyak tempat di Eropa saat ini mencapai lebih dari 20 derajat. Tetapi di Italia, angka di atas 30 derajat sekarang tercapai. Hal itu dikatakan sama sekali bukan cuaca normal untuk orang Eropa selatan.

Saat ini Italia dilanda gelombang cuaca yang sangat panas. Tetapi setelah diguyur hujan di bagian utara dan di tengah menyebabkan sedikit penurunan suhu di hari Jumat, 14 Oktober. Namun, pertengahan musim panas akan kembali ke Italia, hal itu dilaporkan oleh La Repubblica Italia.

BACA JUGA: Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan Bakal Digelar di Lapangan...

Wisatawan mendinginkan diri di air mancur Barcaccia di bawah Spanish Steps (gambar arsip). Foto: Cecilia Fabiano/dpa/merkur

Cuaca Ekstrim di Italia

Suhu cuaca ekstrim di Italia mencapai 33 derajat yang melanda Sicilia dan bahkan menyentuh 34 derajat di Sardegna pada akhir pekan kemarin.

Di daerah Italian utara, di wilayah sekitar danau Garda (Bahasa Italia: Lago di Garda) juga terasa hangat. Di Balzano suhu mencapai 26 derajat. Nilai yang serupa juga tercatat di ibukota Italia, Roma.

Sementara di Milan, termometer mencatat angka 24 derajat. Catatan itu menjadi enam hingga tujuh derajat di atas rata-rata iklim di musim panas sebelumnya.

Surat kabar Italia menulis tentang “situasi abnormal” dan “tertinggi ekstrim” untuk musim ini, yang seharusnya terjadi di bulan Juli.

BACA JUGA: Hari Cuci Tangan Sedunia 2022, Simak Tema Hingga Sejarah Peringatan

Dilansir Merkur, menurut laporan La Repubblica, melihat periode dari Januari hingga September 2022, sudah menjadi tahun terpanas di Italia sejak 1800.

“Pemanasan global mengejek semenanjung kita dengan iklim yang luar biasa,” tulis La Repubblica dalam artikel mereka merangkum peristiwa cuaca saat ini yang melanda Italia. Italia telah dilanda gelombang panas ekstrim di musim panas tahun ini, yang kemudian menyebabkan kekeringan besar. (jrm1)