Dua Pria Ditangkap Polisi Usai Ketahuan Mencopet HP di Halte TransJ

Dua pria berinisial AS (31) dan AD (28) diamankan polisi di Senen, Jakarta Pusat, setelah ketahuan mencopet ponsel di halte bus TransJakarta. Kedua pelaku digeledah penumpang hingga nyaris ditelanjangi.

Dua Pria Ditangkap Polisi Usai Ketahuan Mencopet HP di Halte TransJ
Ilustrasi penumpang menunggu di halte TransJ. (Pradita Utama/detikcom)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Dua pria berinisial AS (31) dan AD (28) diamankan polisi di Senen, Jakarta Pusat, setelah ketahuan mencopet ponsel di halte bus TransJakarta. Kedua pelaku digeledah penumpang hingga nyaris ditelanjangi.

"Jadi diamankan, sudah diamankan dua orang inisial AS (31) dan AD (28), kemudian modusnya ya biasa memang mencari modus-modus keramaian, tepatnya di Halte Busway Senen ya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi wartawan, Rabu (19/10/2022).

BACA JUGA: Heboh Penemuan Mayat Bayi Perempuan di Saluran Irigasi Panji Kidul Situbondo


Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (18/10) malam. Kedua pelaku berpura-pura sebagai penumpang dan berdesak-desakan di halte ketika akan menaiki bus TransJakarta.

"Kejadiannya Selasa, kemarin malam, jam-jam orang pulang kerja," ujarnya.

Aksi pencopetan ini terungkap setelah korban berteriak. Korban awalnya merasa ada yang merogoh tasnya.

"Jadi korban pada saat desak-desakan merasa dia didorong. Pada saat merasa didorong dia terasa bahwa ada yang meraba seperti HP-nya di kantongnya," jelasnya.

Korban kemudian mengecek kantongnya dan mengetahui ponselnya sudah raib. Korban pun lantas mencurigai kedua pelaku yang mendorong-dorongnya itu.

"Begitu diperiksa ternyata memang barangnya hilang. Jadi bisa langsung diketahui. (Pelaku) diamankan dulu oleh penumpang karena korban sempat berteriak, kemudian kebetulan di situ sedang ada petugas kita yang sedang standby ada di sekitar TKP," bebernya.

Dia mengatakan penumpang lainnya kemudian menggeledah kedua pelaku. Kedua pelaku dibuka bajunya hingga nyaris telanjang.

BACA JUGA: Pencuri di Toko Kue Ruben Onsu Berhasil Diringkus Polisi


"Nah ini diamankan, memang sempat diamankan, digeledah oleh masyarakat, termasuk oleh petugas juga ya," ujarnya.

Setelah digeledah, ditemukanlah ponsel milik korban. Kedua pelaku selanjutnya diserahkan ke polisi.

"Ditemukan hanya HP, satu HP jenis Samsung," ucapnya.

Saat ini kedua pelaku telah diamankan polisi. Polisi masih mendalami kemungkinan kedua pelaku sering melakukan aksinya.(eky)