Drawing ASEAN Cup 2024, Indonesia Kembali Bertemu Vietnam di Grup B

Hasil drawing, timnas Indonesia berada di grup B bersama rival beratnya Vietnam. Selain itu peserta lainnya yang masuk dalam grup B adalah Filiphina, Myanmar, dan Laos

May 21, 2024 - 20:17
Drawing ASEAN Cup 2024, Indonesia Kembali Bertemu Vietnam di Grup B
Skuad Timnas Indonesia Foto: PSSI

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Drawing ASEAN Cup hari ini resmi digelar. Undian turnamen yang sebelumnya bernama AFF itu berlangsung di Hanoi, Vietnam pada pukul 14.00 WIB Selasa (21/5/5/2024). Menariknya, dari hasil drawing timnas Indonesia berada di grup B bersama rival beratnya Vietnam. Selain itu peserta lainnya yang masuk dalam grup B adalah Filiphina, Myanmar, dan Laos.

 

Sementara di grup A diisi, Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan satu slot lagi masih menunggu pertandingan Brunei Darussalam melawan Timor Leste. Sebelum pengundian dilakukan panitia turnamen ASEAN Cup 2024 membagi 10 peserta ke dalam lima pot. Masing-masing pot  berisikan dua negara .

 

Pembagian pot drawing ini dilakukan panitia dengan dua cara, yaitu berdasarkan pencapaian edisi terakhir turnamen piala AFF tahun 2020 dan 2022. Maka didapatkan pot 1 di tempati Thailand dan Vietnam, dan pot 2 diisi Indonesia dan Malaysia.

 

Sementara, Filipina dan Singapura menempati pot 3, kemudian di pot 4 ada Myanmar dan Kamboja. Untuk pot 5 diisi Laos dan Brunei Darussalam atau Timor Leste ( Menunggu hasil pertandingan).

 

Untuk format turnamen tidak jauh berbeda dengan gelaran sebelumnya. Penyelenggara membagi 10 peserta menjadi  dua grupnya yang masing masing grup berisi 5 negara.

 

Selanjutnya, setiap peserta akan memainkan empat laga. Dua kali bermain di kandang dan dua kali tandang.

 

Kemudian, dua tim yang berhasil menempati teratas berhak lolos ke babak semifinal  ASEAN Cup 2024. Untuk pertandingan dilakukan dengan sistem kandang dan tandang.

 

Hasil drawing ASEAN Cup

 

Grup A.

1.Thailand

2.Malaysia

3.Singapura

4.Kamboja

5.Brunei Darussalam / Timor Leste.

 

Grup B

1.Vietnam

2.Indonesia

3.Filipina

4.Myanmar

5.Laos (sir/wan)