Dramatis! Kisah Pilot Daratkan Pesawat dengan Selamat Meski Tanpa Roda Depan

Seorang pilot di Australia berhasil mendaratkan pesawat, meski roda bagian depan sama sekali tidak berfungsi. Detik-detik pendaratannya begitu dramatis!

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Seorang pilot di Australia berhasil mendaratkan pesawat, meski roda bagian depan sama sekali tidak berfungsi. Detik-detik pendaratannya begitu dramatis!

Pilot yang tidak disebutkan identitasnya itu sukses mendaratkan pesawat yang dia kemudikan dengan mulus, meski tanpa roda depan. Bagian moncong pesawat menyentuh aspal landasan dengan halus, tanpa menimbulkan percikan api.

BACA JUGA: Pesawat Ruang Angkasa SpaceX’s Crew 4 Dragon Batal Kembali ke Bumi Karena Cuaca


Dari video yang beredar di media sosial, dapat terlihat pesawat baling-baling itu berputar beberapa kali dulu di atas landasan pacu bandara kecil Aldinga airstrip yang berada di sebelah selatan kota Adelaide.

Petugas pemadam kebakaran juga tampak berjaga di sekitar landasan pacu yang akan digunakan pesawat itu mendarat. Mereka tampak melapisi landasan pacu dengan busa anti kebakaran.

Sebelum melakukan pendaratan, tampak sang pilot pesawat melakukan percobaan selama berkali-kali. Setelah lebih dari selusin percobaan, akhirnya sang pilot mencobaperuntungannya untuk mendaratkan pesawat tanpa roda depan itu.

Beruntungnya, sang pilot sukses melaksanakan misinya. Pesawat berhasil mendarat dengan mulus. Sang pilot pun keluar dari kokpitnya dengan kondisi utuh, sama sekali tidak mengalami luka-luka apapun.

Sebelumnya, sang pilot sudah memberikan peringatan keadaan emergency yang dialami oleh pesawat yang dia kemudikan. Roda depan pesawat itu mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa dikeluarkan.

Tentu saja kondisi itu sangat berbahaya, apalagi ketika pesawat mau mendarat. Pilot pesawat berjenis Beechcraft Baron itu pun meminta bantuan dan juga pemadam kebakaran untuk bersiaga di lokasi.

BACA JUGA: Ternyata Penumpang Mabuk-Ngamuk di Pesawat Turkish Airlines adalah Pilot Lion Air


Sang pilot terlihat berputar mengelilingi bandara, mendekati landasan pacu, lalu terbang lagi selama berkali-kali. Sepertinya dia hendak mensimulasikan bagaimana proses pendaratan meski tanpa roda depan.

Selain itu, berputar-putar di atas bandara juga bertujuan agar pesawat itu kehabisan bahan bakar sehingga meminimalisasi resiko kebakaran. Akhirnya, pesawat itu pun mendarat dengan selamat. Kudos untuk sang pilot!.(eky)