DPM-PTSP ‘Jemput Bola’, Plt Bupati Subandi Pastikan Kemudahan Layanan UMKM Urus Izin Usaha

“Saya ingin memastikan bahwa pelayanan diberikan DPM-PTSP Sidoarjo ini telah berjalan baik. Pengusaha UMKM benar-benar merasa mudah mengurus izin usahanya,” kata Plt Bupati H. Subandi SH.

Jun 20, 2024 - 11:20
DPM-PTSP  ‘Jemput Bola’,  Plt Bupati Subandi Pastikan Kemudahan Layanan UMKM Urus Izin Usaha
Kegiatan sosialisasi kemudahan berusaha dan pelayanan perizinan bagi UMKM di kantor Kecamatan Porong, dibuka Plt Bupati H. Subandi.

NUSADAILY.COM – SIDOARJO ; Pemkab Sidoarjo terus menggenjot kemudahan pelayanan izin usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sidorjo dengan sistem “jemput bola”. Kali ini kebijakan kemudahan pelayanan perizinan digeber melalui kegiatan Sosialisasi Kemudahan Berusaha dan Pelayanan Perizinanuntuk UMKM berlangsung di kantor Kecamatan Porong.

Kegiatan yang dibuka  Plt Bupati H. Subandi SH, pada Rabu (19/6) kemarin, langsung diserbu ratusan pelaku UMKM di sana. Mulai dibuka pagi hari pukul 08.00, mereka antre untuk mendapatkan pelayanan dari petugas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) Kab. Sidoarjo.

Petugas itu bertindak sebagai pendamping bagi mereka untuk mengurus izin usaha dengan sistem online single submission risk based approach (ASS-RBA). Dengan proses yang begitu mudah, para UMKM telah mendapatkan sertifikat  Nomor Induk Berusaha (NIB), sebagai legalitas usahanya.

Plt Bupati Subandi mengatakan program ini merupakan bentuk layanan jemput bola. Setiap kecamatan akan disinggahi secara bergiliran. “Saya ingin memastikan bahwa pelayanan ini telah berjalan baik. Pengusaha UMKM benar-benar merasa mudah mengurus izin usahanya,” katanya.

Lebih lanjut, dia menambahkan para pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo sudah tertib dan patuh pada aturan pemerintah. Hanya saja, meski sudah banyak yang memilki NIB, namun  masih ada yang mengalami kendala dalam proses pengurusan izin usaha.

Salah satunya kendalanya, lanjut dia, kurang menguasai teknologi informasi, seiring dengan penerapan pengurusan perizinan usaha yang berbasis digital. ”Pemkab Sidoarjo akan terus memfasilitasi para pelaku usaha dalam mengurus izin usaha mereka,” katanya,

Pihaknya terus mendorong DPM-PTSP Sidoarjo gencar melakukan sosialisasi tentang kemudahan berusaha dan pelayanan perizinan lewat OSS-RBA. Para pelaku usaha juga diharapkan memanfaatkan layanan tersebut dengan baik.

”Percepatan perizinan berusaha ini menjadi fokus Pemkab Sidoarjo. Agar seluruh UMKM di Sidoarjo memiliki legalitas dan terdata dengan baik di pemerintah daerah,” ujarnya.

Jika sudah punya izin dan legalitas, pelaku UMKM bisa dengan mudah mengembangkan usaha mereka. Semisal mencari bantuan permodalan usaha. ”Izin usaha sebagai legalitas usaha ini bisa memperluas akses pengembangan usaha bagi mereka,” tambah Subandi.

Sementara itu, Ainun Jariya, pengusaha konveksi, sangat senang. Dia merasa sangat terbantu dengan program jemput bola pelayanan penerbitan izin usaha di DPM-PTSP Sidoarjo ini. Warga Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong, itu mengaku pernah mengurus izin beberapa tahun lalu.

Bahkan, tempat usahanya sudah disurvei. Namun, dia mengalami jalan buntu. Tidak tahu kendalanya sebenarnya apa. Sampai sekarang izin usaha produksi pakaian belum juga tidak diterimanya. ”Sudah pernah mengurus, tapi tidak keluar. Tapi dengan pelayanan sekarang, saya merasa dapat kemudahan mengurus izin usaha,” kata Ainun. (*/ful)