Ditutup, Sudah Dua Hari Banjir Genangi Tol Bitung Tangerang

Sudah dua hari banjir menggenangi ruas Jalan Tol Bitung, Tangerang. Hingga siang ini, akses exit Tol Bitung dari arah Jakarta masih ditutup.

Ditutup, Sudah Dua Hari Banjir Genangi Tol Bitung Tangerang
Tol Bitung Km 26 terendam banjir sejak Minggu (13/11/2022) malam. (Foto: dok. Jasa Marga)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Sudah dua hari banjir menggenangi ruas Jalan Tol Bitung, Tangerang. Hingga siang ini, akses exit Tol Bitung dari arah Jakarta masih ditutup.

"Untuk keamanan dan keselamatan pengguna jalan, akses keluar Bitung dari Jakarta dan akses Bitung menuju Cikupa masih dilakukan penutupan sementara," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).

BACA JUGA: Kali Ciliwung Meluap, Permukiman Warga di Kebon Pala Terendam Banjir hingga 1,2 M


Irra mengatakan debit air sungai di sekitar Tol Bitung saat ini masih tinggi. Luapan air sungai itu yang menggenangi ruas jalan Tol Bitung, tepatnya di Km 26.

Dia menyebut pihak Jasa Marga saat ini tengah menggunakan pompa dalam menyedot genangan air di Tol Bitung.

"Saat ini debit air di sungai-sungai sekitar masih tinggi. Jasa Marga masih mengoptimalisasikan pompa-pompa untuk penanganan genangan," katanya.

Tergenang Banjir Sejak Minggu Malam

Banjir dengan ketinggian 70 sentimeter (cm) masih menggenangi tol Bitung, Tangerang dari arah Jakarta. Hingga pagi ini, akses gerbang tol masih ditutup sejak Minggu (13/11) malam.

"Informasi untuk keluar Bitung saat ini masih belum bisa ya, karena masih ada genangan air 50 sampai 70 cm," kata petugas call center PT Jasa Marga, Rina, saat dihubungi pukul 06.04 WIB.

Rina mengatakan belum bisa dipastikan kapan akses gerbang Tol Bitung akan dibuka. Saat ini petugas masih melakukan upaya penyedotan.

"Iya, betul (masih dilakukan penyedotan air)," katanya.

BACA JUGA: Duh! Rumah Warga di Garut Terendam Banjir Akibat Sungai Cikawung Meluap


Genangan di Tol Bitung terjadi imbas meluapnya air Sungai Sabi dan Sungai Cisadane ke badan jalan tol. Banjir terpantau terjadi sejak Minggu (13/11), pukul 20.50 WIB. Jika dihitung hingga pagi ini per pukul 06.00 WIB, kurang lebih banjir menggenangi area ini selama 33 jam.

"Genangan di SS Bitung Ruas Tol Jakarta-Tangerang terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada Minggu, 13 November 2022, serta tingginya debit air Sungai Kali Manis, sehingga limpasan air memasuki badan jalan," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad.(eky)