Diserbu Ribuan Rider, KWB Super Adventure 5 Ajang Promosikan Potensi Desa Wisata

Jalan-jalanan Kota Batu dibanjiri ribuan rider motor trail yang mengikuti perhelatan KWB Super Adventure 5 Indonesia (Minggu, 20/11). Event bertajuk ‘Lets Rock The Ground’ rangkaian acara memeriahkan HUT ke 21 Kota Batu.

Diserbu Ribuan Rider,  KWB Super Adventure 5 Ajang Promosikan Potensi Desa Wisata
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memberangkatkan ribuan rider yang berkumpul di Balai Kota Among Tani. (dok: Pemkot Batu)

NUSADAILY.COM - KOTA BATU – Jalan-jalanan Kota Batu dibanjiri ribuan rider motor trail yang mengikuti perhelatan KWB Super Adventure 5 Indonesia (Minggu, 20/11). Event bertajuk ‘Lets Rock The Ground’ rangkaian acara memeriahkan HUT ke 21 Kota Batu. Diselenggarakan secara kolaboratif melibatkan jajaran Polres Batu, TNI, Dinas Pariwisata, komunitas, pengelola desa wisata dan didukung PHRI Kota Batu.

Kembali digelarnya event trail tingkat nasional ini menebus kerinduan para rider. Maklum saja selama dua tahun, pada 2020 dan 2021 perhelatan ini ditiadakan karena situasi pandemi. Para rider tak sabar ingin menjajal melakukan jelajah alam dengan trek menantang sembari menikmati pemandangan indah Kota Batu.

BACA JUGA: 12 Mahasiswa Asing Program I-YES Berjelajah Menyusuri Destinasi Desa Wisata Kota Batu

"Bersyukur KWB Super Adventure bisa kembali digelar tahun ini setelah dua tahun vakum," ujar Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko usai memberangkat ribuan rider di jalan utama depan Balai Kota Among Tani.

Ribuan peserta tampak antusias tak ingin melewatkan keseruan berjelajah menyusuri sudut-sudut Kota Batu. Mereka bukan hanya berasal dari kawasan Malang Raya, namun juga masyarakat dari luar daerah. Bahkan puluhan rider dari enam negara ikut memeriahkan event tahunan ini. Puluhan rider mancanaegara itu berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Italia, Rumania, Belgia dan Hongkong.

 Ia mengatakan bahwa event semacam ini merupakan cara untuk Kota Batu mengundang wisatawan berolahraga trail. “Keluarga pasti banyak yang ikut, sehingga jualan warga laku, terima kasih Disparta dan Panitia yang sudah menyelenggarakan even ini,” ujar Dewanti.

Jalur lintasan yang dilewati rider sepanjang 60 kilometer menelusuri wilayah pedesaan. Hal itu membawa manfaat ganda bagi Kota Batu. Salah satunya mempromosikan lebih luas destinasi desa-desa wisata.

Panitia penyelenggara pun menyiapkan hadiah menarik bagi peserta yang beruntung memenangkan undian kupon. Hadiah yang disediakan tak main-main, yakni 2 unit mobil Ayla, satu unit motor trail, satu unit motor ATV, 10 unit super scootic.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh agar event tersebut berjalan meriah. Terlebih, KWB Super Adventure 5 selaras dengan program dalam meningkatkan peningkatan kunjungan wisatawan yang ditarget sebesar 5 juta wisatawan pada tahun ini.

BACA JUGA: Mantan Kajari Batu Bawakan Lakon Semar Mbangun Kayangan, Kisah Satire Menyentil Penguasa Negeri

“Komitmen kami memulihkan perekonomian melalui sektor pariwisata. Termasuk bisa mempromosikan desa-desa wisata. Karena para rider nantinya akan melintasi rute-rute yang menawarkan potensi-potensi desa wisata,” ujar Arief.

Tercatat jumlah peserta mencapai 3000 rider. Panitia penyelenggara pun memberikan sambutan kepada pserta dengan menyiapkan rute-rute menantang. Salah satunya tanjakan curam yang berada di area wanawisata Coban Talun.

"Ada tantangan untuk peserta, yakni berbentuk trail games dan tanjakan berhadiah, tentu akan semakin memompa semangat peserta,”ujarnya.(oer/adv/wan)