Dirjen Dukcapil Minta WNI di Luar Negeri Segera Lapor Lewat Aplikasi Peduli WNI

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengimbau kepada Warga Negara Indonesia

Dirjen Dukcapil Minta WNI di Luar Negeri Segera Lapor Lewat Aplikasi Peduli WNI
Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh saat merasa di Australia

NUSADAILY.COM JAKARTA - Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengimbau kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri segera melaporkan keberadaannya melalui aplikasi peduli WNI.

 

Hal tersebut, dimaksudkan agar mereka terdaftar, tercatat, dan terlindungi hak-hak sipilnya. Selain itu juga  agar WNI mendapatkan keabsahan identitas pribadi.

 

Seruan itu disampaikannya kepada peserta Bimbingan Teknis ( Bimtek) Pemutakhiran Data, Pendataan dan Penerbitan KTP Digital bagi WNI di kawasan Australia dan New Zealand, untuk diumumkan kepada WNI yang berada di Negara tersebut

 

"Pendataan secara akurat by name by address di luar negeri adalah syarat mutlak bagi perlindungan WNI yang efektif. Portal Peduli WNI yang dibangun Kemenlu dimaksudkan sebagai one stop service pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri dengan basis data dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kemendagri," kata Dirjen Zuapl di di KJRI Perth, Australia Selasa kemarin  (22/11/2022).

 

Zudan juga menjelaskan, pendataan WNI juga bertujuan untuk penyusunan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri (DP4LN) untuk tahun 2022.

.

 "Ini tugas negara yang memerlukan dukungan para WNI semuanya agar bisa sukses.," Tegasnya

 

Zudan yang juga ketua Umum DPN Kopri itu juga  memaparkan tentang  kebijakan adminduk yang terdiri dari transformasi layanan adminduk, inovasi pelayanan adminduk, konsepsi mengenai identitas digital, pelayanan Dukcapil di luar negeri, penerbitan NIT luar negeri, dan tata cara pencatatan biodata WNI di luar wilayah NKRI melalui Perwakilan RI.

 

Sebelumnya, Sekjen Kemenlu Cecep Herawan yang tampil  sebagai Keynote Speaker menyampaikan, Bimtek ditujukan agar peserta dapat mendapatkan pemahaman secara lebih dalam dan menyeluruh mengenai tata laksana pemutakhiran data dan pendataan WNI.

 

"Tujuan besar kolaborasi Kemenlu dan Kemendagri adalah memberikan perlindungan yang lebih besar dan optimal kepada seluruh WNI di mana pun berada," jelasnya

 

Terpisah,  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh dirjen Dukcapil

 

"Saya minta Dirjen Dukcapil bersama dengan jajaran Kemlu terus melayani WNI  di luar negeri untuk mendapatkan KTP. Ini sangat bermanfaat karena WNI di luar negeri tidak perlu pulang ke Indonesia untuk membuat KTP. Cukup di perwakilan RI di luar negeri." Pungkas Tito Karnavian.(sir).