Didik J Rachbini Hadiri Nikahan Kaesang, Rizal Ramli Bakal Tidak Datang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah tokoh nasional ke pernikahan Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

Didik J Rachbini Hadiri Nikahan Kaesang, Rizal Ramli Bakal Tidak Datang
Didik J Rachbini

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah tokoh nasional ke pernikahan Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono. Ekonom senior yang juga mantan menteri, Rizal Ramli, menyatakan secara terbuka tidak bisa menghadiri pernikahan anak Jokowi karena kesibukan. Berbeda dengan Rizal Ramli, ekonom Didik Rachbini akan hadir ke pernikahan Kaesang.

"Seperti Rizal Ramli, saya mendapat undangan Pak Jokowi untuk perkawinan Kaesang. Namun berbeda dengan ekonom senior yang dikenal populer dengan nama RR, saya berniat hadir untuk menghormati yang mengundang, dalam hal ini Presiden RI dan Ibu," kata Didik Rachbini kepada wartawan, Senin (5/12/2022) dilansir dari detikcom.

Untuk diketahui, Rizal Ramli, di Twitter, mengunggah undangan dari Jokowi tapi dia mengumumkan tidak bisa hadir ke pernikahan Kaesang karena ada acara di Riau. Twit Rizal Ramli dibalas putra Jokowi, Gibran Rakabuming, yang memahami kesibukan Rizal Ramli.

Kembali ke Didik, Rektor Universitas Paramadina ini memutuskan dan merasa wajib hadir ke pernikahan Kaesang karena menghormati niat baik Jokowi yang mengundang ekonom dan tokoh-tokoh di luar pemerintahan. Dia juga mengungkit Jokowi yang 4 kali menghadiri undangan darinya serta Indef.

"Presiden tidak pernah absen menghadiri undangan yang saya kirim dan saya tanda tangani langsung untuk hadir dalam sarasehan 100 ekonom tersebut," kata Didik.

Didik menyebut Presiden Jokowi juga mengundang juga tokoh-tokoh kritis, termasuk dirinya yang bersikap demikian. Didik menyebut sikap kritisnya kepada pemerintahan Jokowi bukan bentuk ketidaksukaan, melainkan sebagai bentuk tanggung jawab untuk menjaga perjalanan bangsa.

"Jadi, hubungan sosial kemanusiaan dan sikap kritis sangat bisa dibedakan dan tidak perlu dicampur aduk. Saya merasa wajib memenuhi undangan karena merupakan niat baik menjalin hubungan sosial sebagaimana biasanya," kata Didik.

Didik kembali mengungkit aksi Jokowi yang juga mengundang 20 ekonom (4 ekonom dari Indef) ke Istana pada Agustus 2022. Saat itu, Didik mengaku mendapat undangan hanya 10 jam sebelum acara. "Saya baru tiba 3 jam di Yogya, kembali ke Jakarta lagi untuk menghadiri pertemuan tersebut. Tetapi karena PCR terbit 2 jam terlambat, saya keluar dari parkir Istana pulang ke rumah," ujarnya.

Didik menegaskan akan menghadiri pernikahan Kaesang pertengahan bulan ini. Didik mendoakan acara tersebut lancar.

"Jadi, tanggal 11 Desember nanti saya hadir memenuhi undangan Presiden Jokowi dan Ibu. Saya mendoakan agar acara tersebut lancar dan kedua mempelai nanti akan menjadi suami istri yang mendapat limpahan karunia Allah SWT, serta mendapat keturunan yang soleh dan soleha," katanya.(*)