Dibiayai Pemerintah Saat ASN Pindah ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur

Nantinya, biaya pindah tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, akan diberikan juga flexible facility arrangement yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap ASN

Feb 25, 2023 - 20:03
Dibiayai Pemerintah Saat ASN Pindah ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur
Home Ekonomi Bisnis Finansial Infrastruktur Properti Energi Industri Fintech Infografis Loker Indeks Adsmart SolusiUKM Terpopuler Bursa Valas Moneter Market Research Foto Biz Video Biz Perencanaan Keuangan ADVERTISEMENT detikFinance Berita Ekonomi Bisnis ASN Pindah Ke IKN, Biaya Boyong ART Ditanggung Negara Almadinah Putri Brilian - detikFinance Jumat, 24 Feb 2023 11:56 WIB Foto: Dok. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Aparatur sipil negara (ASN) dan aparat pertahanan dan keamanan, seperti TNI dan Polri akan dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun depan. Bagi ASN yang memiliki asisten rumah tangga (ART) tidak perlu khawatir karena biaya pindah juga ditanggung oleh pemerintah.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan bahwa ASN cs akan mendapatkan tunjangan atau biaya pindah, termasuk untuk ART.

Nantinya, biaya pindah tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, akan diberikan juga flexible facility arrangement yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap ASN.

BACA JUGA : Lalin Tol Bekasi Arah Jakarta Macet Pagi Ini

"Dalam proses pemindahan, bukan hanya ASN yang akan ditanggung pemerintah. Pemerintah juga akan menanggung pasangan ASN, 2 orang anak dan 1 orang asisten rumah tangga," ungkapnya di Instagram resminya @suharsomonoarfa, dikutip Jumat (24/2/2023).dilansir dari detik.com

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa nantinya akan ada sejumlah komponen yang dibiayai pemerintah saat ASN cs pindah ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Di antaranya uang harian selama proses pemindahan, biaya pengepakan dan biaya angkutan barang, biaya transportasi hingga biaya penginapan transit di Balikpapan.

Sebagai informasi, saat ini pemerintah masih dalam proses membangun hunian untuk para ASN, TNI, dan Polri di IKN Nusantara. Hunian atau fasilitas rumah dinas ada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Nantinya para ASN, TNI, Polri akan ditempatkan di 211 tower apartemen dengan kapasitas 11.619 unit.

BACA JUGA : Teman Mario Ikut Jadi Tersangka Kasus Penganiayaan David

Selain pembangunan hunian ASN, saat ini juga sedang dibangun Embung Persemaian Mentawir untuk mewujudkan visi IKN sebagai kota hutan. Embung ini akan digunakan sebagai sumber air persemaian bibit pohon untuk pelaksanaan reboisasi Kawasan IKN.

Embung Persemaian Mentawir diketahui memiliki kapasitas air baku sebanyak 40 liter per detik. Progres fisik pembangunan hingga 12 Januari 2023 sudah mencapai 98,04%. Proyek ini telah dilakukan sejak 24 Agustus 2022 hingga 31 Desember 2022.(ris)