Densus 88 Dalami Motif Wanita Todongkan Pistol ke Paspampres di Istana

Densus 88 Antiteror Polri turun tangan di kasus perempuan menodongkan pistol ke Paspampres di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Densus 88 Dalami Motif Wanita Todongkan Pistol ke Paspampres di Istana
Wanita yang membawa pistol ditangkap di depan Istana. (Foto: dok. polisi)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Densus 88 Antiteror Polri turun tangan di kasus perempuan menodongkan pistol ke Paspampres di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Motif pelaku membawa pistol dan mencoba menerobos Istana tengah didalami.

"Nanti, dari Kadensus 88 tengah melakukan pendalaman kepada tersangka yang tadi diamankan oleh petugas," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022).

BACA JUGA: Paspampres Cek Kabar Tentang Seseorang Perempuan Terobos Istana dengan Bawa Pistol


Agus menjelaskan pengamanan aparat di sekitar Istana sudah baik. Dia juga menyampaikan aparat telah menjalankan tugas sesuai dengan prosedur.

"Artinya, kesigapan aparat melakukan pengamanan di sekitar Istana cukup baik," ujar Agus.

Penjelasan senada disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Perempuan yang membawa pistol di depan Istana itu masih diperiksa.

"Berikutnya, tadi seperti yang disampaikan Pak Kabareskrim, saat ini sedang didalami motifnya apa dan seterusnya dan siapa sebenarnya yang ada di balik itu dan seterusnya. Kenapa mesti ke sini dan seterusnya, itu sedang kita dalami," ujar Moeldoko.

Insiden Wanita Todongkan Pistol ke Paspampres

Sebelumnya, pagi tadi beredar kabar bahwa ada seorang perempuan yang mencoba menerobos menerobos Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko menegaskan peristiwa itu bukan upaya penerobosan ke Istana.

"Jadi perempuan tersebut tidak menerobos Istana. Tapi justru berawal dari kewaspadaan anggota kami (Paspampres) yang langsung menghampiri perempuan tersebut dan perempuan tersebut langsung mengacungkan senjata ke arah anggota (Paspampres)," Wahyu dalam keterangan tertulis.

Wahyu menjelaskan peristiwa itu bermula dari kewaspadaan seorang anggota Paspampres yang melihat seorang perempuan dengan tingkah laku mencurigakan. Perempuan tersebut berdiri di dekat pos utama Paspampres di depan Istana Merdeka, berada dekat lampu lalu lintas.

BACA JUGA: Viral Momen Kapolda Metro Terima Telepon di Istana, Bey: Ada Hal yang Penting


Melihat kondisi itu, anggota Paspampres langsung mengambil senjata api yang ditodongkan dan menyerahkan perempuan tersebut kepada anggota Polisi Lalu Lintas yang sedang bertugas di depan Istana. Saat ini peristiwa tersebut ditangani lebih lanjut oleh polisi.

"Saat ini perempuan tersebut sudah berada di Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan. Untuk lebih lanjut silakan ditanyakan kepada Polda Metro Jaya," kata Wahyu.(eky)