Senin, September 26, 2022
BerandaCultureSudah Berapa Lama Jerman Ada? Berikut Sekilas Tentang Sejarah Jerman

Sudah Berapa Lama Jerman Ada? Berikut Sekilas Tentang Sejarah Jerman

NUSADAILY.COM – JAKARTA –  Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan berapa lama Jerman telah ada. Melansir dari praxistipps.focus.de, tahun dibentuknya Jerman tergantung pada definisi masing-masing.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Tergantung pada fokus pada lembaga negara, budaya atau bahasa, dan mungkin ada penyimpangan dalam waktu. Berikut adalah sekilas sejarah tentang Jerman:

BACA JUGA: Berlin Harus Hemat Energi, Bagaimana Dampaknya bagi Pendidikan?

  • Dari 58 SM wilayah Jerman milik Kekaisaran Romawi. Selama waktu ini, Romawi mendirikan kota-kota seperti Trier, cologne, Augsburg dan Mainz.
  • Dari abad ke-10 hingga 1806, Jerman adalah bagian dari Kekaisaran Romawi Suci Bangsa Jerman (HRRDN). Nama “bangsa Jerman” pertama kali digunakan pada akhir abad ke-15. Namun, HRRDN bukanlah negara dalam pengertian modern, melainkan organisasi payung yang dikepalai oleh raja atau kaisar di berbagai wilayah.
  • Setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi Suci Bangsa Jerman, bagian dari Jerman hari ini milik apa yang disebut “Konfederasi Rhein” darii tahun 1806. Itu adalah asosiasi negara-negara Jerman yang dibentuk atas inisiatif kaisar Prancis Napoleon.
  • Pertarungan Prusia dan Austria melawan Napoleon pada tahun 1812 adalah asal mula warna hitam, merah dan emas, yang diambil lagi pada tahun 1832 di Festival Hambach.
  • Setelah Kongres Wina pada tahun 1815. Total 38 negara bagian diorganisasikan dalam Konfederasi negara bagian yang didominasi oleh Austria dan Prusia.
  • Pada tahun 1848, dalam pemilihan demokratis di Frankfurt’s Paulskirche, sebuah negara bangsa diciptakan sebagai “Kekaisaran Jerman” dengan monarki konstitusional. Namun, gerakan demokrasi itu gagal.

BACA JUGA: Statistik: 25 Persen Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi Saat Cuaca Panas

  • Beberapa waktu kemudian, Prusia memulai konflik dengan Austria untuk supremasi di Konfederasi Jerman, yang berakhir dengan Perang Jerman. Konfederasi Jerman dibubarkan setelah kemenangan Prusia pada tahun 1866, dan Prusia mencaplok beberapa wilayah musuh masa perangnya. “Konfederasi Jerman Utara” yang didirikan sebagai hasilnya memprakarsai pembentukan negara “Jerman kecil” tanpa Austria.
  • “Reich Jerman” sebagai negara nasional Jerman pertama didirikan pada 18 januari 1871 selama Perang Prancis-Prusia. Raja Wilhelm I diproklamasikan sebagai Kaisar Jerman pertama.

  • Monarki berakhir pada 9 November 1918 di Reich Jerman. Dengan penyerahannya, mengakui kekalahan dalam Perang dunia Pertama. Setelah pemilihan Majelis Nasional Konstituante (di mana perempuan berhak memilih untuk pertama kalinya). Konstitusi Weimar mulai berlaku pada 14 Agustus 1919.
  • Demokrasi kontroversial di Jerman setelah Perang Dunia Pertama. Pada tahun 1933, penentang demokrasi yang terbukti, Sosialisai Nasional, yang disebut Undang-Undang Pemberdayaan memberi Kanselir Adolf Hitler kekuatan diktator saat itu. Dalam perjalanan kebijakan ekspansi, beberapa daerah menyerah setelah Perang Dunia Pertama awalnya diintegrasikan kembali ke dalam wilayah Reich.
  • Karena tekanan politik, yang saat itu Cekoslowakia harus menyerahkan Sudetenland ke Jerman. Pada tahun 1938 Austria dianekasi ke Reich Jerman untuk menerapkan solusi Jerman Raya.
  • Setelah invasi Polandia, Pernag Dunia II pecah. Selama waktu ini, kediktatoraan Sosialis Nasional melakukan pembunuhan massal industri (Shoa) dan Wehrmacht mengorbankan perang pemusnahan terhadap penduduk sipil di Timur untuk mendapatkan ruang hidup bagi rakyat Jerman.
  • Perang Dunia berakhir dengan kekalahan total Jerman dan sekutunya, penghancur hampir semua kota besar Jerman dan pembubaran Reich Jerman oleh Sekutu.
  • Setelah kediktatoran Sosialis Nasional, Republik Federal Jerman saat ini didirikan pada 23 Mei 1949 di tiga zona penduduk barat.
  • Pada 7 Oktober 1949, GDR didirikan dari zona pendudukan Soviet. Perbatasan dalam Jerman telah diamankan oleh benteng perbatasan besar0besaran sejak tahun 1952. Dari tahun 1961 hingga 1989 Berlin dibagi oleh Tembok Berlin. Konfrontasi blok antara Barat dan Timur dengan demikian mengalir melalui Jerman.
  • Reunifikasi Jerman akhirnya terjadi pada 3 Oktober 1990, ketika GDR bergabung dengan Federal Jerman. Kontrak 2+4 secara resmi mengakhiri tatanan pascaperang di Jerman. (jrm1/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Dezhou Braised Chicken Jadi Hidangan Terpopuler Kereta Api China

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Setiap kali kereta melewati Stasiun Dezhou, China, truk penjual otomatis di peron terkelilingi oleh penumpang. Hanya untuk membeli Ayam Rebus Dezhou sebagai oleh-oleh...