Kamis, Mei 26, 2022
BerandaCultureSejarah Nama Kota Balikpapan Versi Legenda Rakyat

Sejarah Nama Kota Balikpapan Versi Legenda Rakyat

NUSADAILY.COM – BALIKPAPAN – Sebenarnya dari nama asal usul nama Kota Balikpapan itu? Menilik dari susunannya, kata “Balikpapan” dapat dimasukkan ke dalam asal kata bahasa Melayu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menurut buku karya F. Valenijn pada tahun 1724, menyebut suatu daerah di hulu sebuah sungai yang berada di teluk sekitar tiga mil dari pantai, desa itu bernama BILIPAPAN.

Dan nama tersebut dikaitkan dengan sebuah komunitas pedesaan di teluk yang sekarang dikenal dengan nama Teluk Balikpapan.

Menurut sumber yang berasal dari legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan .Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama “Negeri Balikpapan”.

Dilansir dari balikpapan.go.id, orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai Teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama ” KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN “.

Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama “KULENG – PAPAN” atau artinya “BALIK – PAPAN” (Dalam bahasa Pasir, Kuleng artinya Balik dan dan Papan artinya Papan) dan diperkirakan nama negeri Balikpapan itu adalah sekitar tahun 1527.

Sementara itu, hari jadi Kota Balikpapan ditentukan pada tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini merupakan tanggal peristiwa pengeboran pertama sumur minyak di Balikpapan dan merupakan hasil seminar sejarah Kota Balikpapan tanggal 1 Desember 1984.(*/aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Mahasiswa di Malang Tersangka Terorisme Cap Polisi Thogut

NUSADAILY.COM – MALANG – Seorang Mahasiswa di Kota Malang, berisial IA (22), yang ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88, dan menjadi tersangka teroris ternyata merencanakan...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily